Home anies baswedan / banjir jakarta / politik

Permasalahan banjir di Jakarta memang masih belum bisa diatasi secara optimal. Berbagai perbaikan saluran air, resapan air dan tempat penampungan air yang begitu gencar di lakukan oleh Pemrov DKI nyatanya masih membuat Jakarta tergenang setelah mengalami curah hujan yang tinggi pada hari Rabu kemarin. Kawasan Jabodetabek mengalami banjir dengan ketinggian yang cukup tinggi sehingga membuat banyak warga harus di evakuasi ke tempat pengungsian.

Langkah Pemrov DKI dalam menangani banjir bisa dibilang begitu baik bahkan respon terhadap korban banjir juga sangat baik. Anehnya, banyak orang yang masih menyerang Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta. Mereka melontarkan kritikan serta hujatan kepada Anies terkait banjir yang melanda Jakarta. Padahal banjir Jakarta dari dulu pun sudah sering terjadi, dari Gubernur terdahulu pun banjir Jakarta masih selalu menghantui warga Jakarta.

politik, anies baswedan, banjir jakarta,
Gambar : © kabarin.co

Apakah berarti setiap banjir di Jakarta salah Gubernur.? Tentu kita harus berpikir lebih kritis, masalah banjir Jakarta ini tentunya menjadi tanggung jawab bersama, ini adalah bencana bukan salah dari Gubernur atau pemimpin. Justru jika seorang pemimpin tidak bertindak terhadap bencana dan bersikap tak acuh maka kita perlu kritik pemimpin tersebut. Bisa kita lihat tahun-tahun sebelum Anies menjabat, apakah Jakarta bebas banjir atau tidak.? 

Bahkan salah satu partai di Indonesia yaitu PSI kembali melontarkan kritikan kepada Anies. PSI menyebut Anies tidak bisa kerja setelah 3 tahun naturalisasi sungai tapi masih banjir. Bukan hanya PSI saja, banyak masyarakat bahkan bukan penduduk Jakarta yang melontarkan kritikan terhadap Anies. Kritik itu boleh-boleh saja, namun kita juga harus ikut membantu bukan hanya pintar dalam mengkritik saja. 

Jika kita tidak bisa ikut terjun langsung membantu korban bencana banjir Jakarta, maka kita bisa memberikan bantuan berupa donasi yang disediakan oleh lembaga-lembaga kemanusiaan seperti ACT (Aksi Cepat Tanggap). Dikutip dari laman CNN Indonesia, jumlah pengungsi korban banjir Jakarta mencapai 31.232 orang yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta. Para pengungsi tersebut pastinya membutuhkan bantuan berupa makanan, air bersih, pakaian hangat, obat-obatan dan lainnya, tentunya kita sesama warga Indonesia harus memberikan bantuan kepada saudara kita yang tertimpa musibah. Semoga banjir di Jakarta cepat surut dan warga Jakarta bisa kembali ke rumahnya masing-masing dan menjalankan aktivitas seperti sediakala.


Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top