Home iran vs amerika / kabar dunia / perang dunia 3 / politik / qassem soleimani / timur tengah

Tensi kedua negara antara Amerika dan Iran kembali memanas setelah prajurit Amerika berhasil menewaskan salah satu Jendral Iran yaitu Qassem Soleimani. Hal tersebut juga di konfirmasi oleh Presiden Amerika saat ini, Donald Trump dan juga di konfirmasi oleh akun Twitter Gedung Putih Amerika. Qassem Soleimani merupakan sosok yang paling berpengaruh di Iran, ia menjadi pasukan pengawal Revolusi Islam di tahun 1998 dan menjadi Komandan Pasukan Quds.

Atas kematiannya tersebut, Iran mulai meradang dan berencana membalas perbuatan Amerika terhadap kematian Soleimani. Rabu, 08/01/2010, Iran meluncurkan lusinan rudal dengan menargetkan dua pangkalan Amerika di Irak. Dua pangkalan Amerika terang diantaranya Ain Al- Assad dan Irbil. Serangan tersebut dilakukan oleh Pasukan Garda Revolusi Iran sebagai bentuk balasan atas kematian Soleimani.

iran vs amerika, timur tengah, qassem soleimani, perang dunia 3, politik, kabar dunia,
Sumber Gambar : © India TV

Dikutip dari APF, televisi pemerintah Iran mengklaim bahwa serangan tersebut telah menewaskan sebanyak 80 personil militer dan telah merusak berbagai alat militer milik Amerika. Mohammad Javad Zarif, Menteri Luar Negeri Iran, menyatakan bahwa negaranya tidak mencari gara-gara dengan Amerika dengan menyerang pangkalan AS di Irak yang terjadi pada Rabu dinihari. Menurutnya, serangan tersebut merupakan sebatas pembelaan diri yang sudah diatur dalam salah satu Pasal Piagam PBB. Hal itu disampaikan Zarif lewat akun Twitter-nya yang ditulis pada hari sama setelah penyerangan yang dilakukan oleh Pasukan Garda Revolusi Iran. 

Sementara itu, salah satu fraksi dari Republik Kongres Amerika Serikat, Lindsay Graham, mengatakan bahwa serangan yang dilakukan oleh Iran terhadap pangkalan AS merupakan suatu bentuk ajakan perang, ucapnya dalam akun Twitter miliknya. Sementara itu, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump juga menyampaikan responnya terkait serangan Iran dan ia mengklaim semuanya baik-baik saja. 

"Semua baik-baik saja.! Roket yang diluncurkan dari Iran ke dua pangkalan Amerika Serikat di Irak", ucapnya dalam akun Twitter miliknya. Trump masih menunggu laporan lebih lanjut terkait serangan terhadap Pangkalan Amerika di Irak dan ia juga mengatakan bahwa negaranya memiliki kekuatan militer paling kuat di dunia. Donald Trump juga memperingatkan Iran bahwa Amerika akan melancarkan serangan ke 52 target lokasi penting di Iran jika Iran tetap melanjutkan ancamannya terhadap Amerika Serikat. 

Banyak warga Amerika mulai mengecam Trump atas tewasnya Qassem Soleimani dan mereka meminta Trump menarik 5.000 pasukan Amerika. Pernyataan Donald Trump juga nampaknya semakin memperkeruh suasana yang membuat Amerika dan Iran diambang perang. Banyak masyarakat dunia khawatir mengenai ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran, dikhawatirkan hal ini dapat memicu Perang Dunia ke-3.


Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top