Home cara melunasi hutang riba / hutang / islampedia / riba

Memiliki hutang memang membuat hidup kita menjadi resah, tidak nyaman, dan stress karena banyak pikiran. Apalagi hutang riba, dimana ketika kita telat membayar pada tanggal jatuh tempo maka penghutang akan dikenai denda. Tentunya hal tersebut malah menambah jumlah hutang dan itu sangat merugikan. Banyak orang yang terjerat hutang riba yang kemudian harta bendanya habis demi menutupi hutang ribanya tersebut.

Hutang riba memang mengerikan, jadi jangan pernah sekalipun berurusan dengan riba. Setiap harinya ada saja orang yang depresi akibat memikirkan bagaimana caranya membayar hutang ribanya, bahkan ada pula yang membayar hutang riba dengan berhutang lagi kepada bank atau jasa pinjaman lainnya. Hal tersebut tidak akan pernah menyelesaikan masalah, nah jika sobat bingung dengan hutang riba yang sudah jatuh tempo dan ingin segera melunasinya, ada langkah-langkah terbaik untuk keluar dari jeratan hutang riba, yuks intip tipsnya dibawah ini.

riba, islampedia, hutang, cara melunasi hutang riba,

1. Taubat

Allah Subhanahu wa ta'ala menyatakan perang bagi siapa saja pelaku riba. Jika sobat benar-benar ingin keluar dari hutang riba dan tidak ingin kembali terjerat hutang riba, maka bertaubatlah dan memohon ampun kepada Allah. Cukup ini menjadi yang terakhir kali sobat berurusan dengan riba dan jangan pernah kembali berurusan dengan riba. 

2. Perbaiki Sholat 5 Waktu

Setelah sobat bertaubat dari riba, mulailah perbaiki sholat 5 waktu dan mulai mendekatkan diri kepada sang pencipta. Dengan sholat dan mendekatkan diri kepada Allah, hati kita menjadi tenang, depresi akibat hutang riba yang banyak dan sudah jatuh tempo pun akan hilang. 

3. Laksanakan Sholat Tahajud dan Dhuha 

Jangan lupa pula laksanakan sholat tahajud dan sholat Dhuha secara istiqomah. Di sepertiga malam merupakan waktu terbaik dalam berdoa, karena di waktu sepertiga malam akhir Allah Subhanahu wa ta'ala turun ke bumi untuk mengabulkan segala permintaan umatnya yang berdoa kepada-Nya. Sobat bisa baca juga artikel ini 10 Keutamaan dan Manfaat Sholat Tahajjud. Di awal hari lakukan pula sholat dhuha karena sholat dhuha merupakan salah satu pembuka rezeki jadi mulai kerjakan secara istiqomah ya sob. 

4. Perbanyak Membaca Istighfar

Memperbanyak istighfar juga merupakan salah satu cara untuk keluar dari jeratan hutang riba. Orang yang lisannya senantiasa beristighfar kepada Allah Subhanahu wa ta'ala maka Allah akan kabulkan segala keinginannya. Mungkin saja doa-doa kita tidak kunjung dikabulkan karena diakibatkan oleh dosa-dosa kita sendiri. Seperti kisah yang sangat terkenal yaitu kisah Imam Ahmad bin Hambal dan seorang penjual roti yang selalu beristighfar, nah kisah tersebut bisa jadi contoh bagi diri kita untuk mulai memperbanyak istighfar. 

5. Perbanyak Membaca Shalawat

Membaca sholawat itu banyak manfaatnya, mulai dari mendapatkan Rahmat Allah Subhanahu wa ta'ala, mendapatkan segala keinginan di dunia ini, mendapat syafaat Nabi Muhammad, dan dapat masuk surga bersama dengan kekasih Allah. Seperti kisah seorang ahli sholawat yang miskin yang terlilit hutang begitu banyak, namun bisa lunas bahkan mendapatkan harta lebih berkat sholawat yang selalu dilakukannya secara istiqamah. Bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak yang membuktikan keajaiban dari sholawat, sobat bisa searching atau tonton di YouTube. 

Nah mulai saat ini mulailah perbanyak sholawat, paling sedikit 500 kali setiap hari, atau kalo bisa 1000 kali setiap hari atau lebih banyak dari itu malah lebih baik. Sobat bisa mulai membaca sholawat setiap selesai sholat 5 waktu, mulai baca 100 kali saja setiap selesai sholat. Jika sobat melaksanakan sholat tahajud dan dhuha maka baca juga setelah selesai sholat. 

6. Ikhtiar

Langkah selanjutnya adalah berikhtiar atau berusaha untuk melunasi hutang tersebut. Sobat bisa mulai mencari penghasilan tambahan untuk menutupi hutang tersebut atau bisa menjual asset yang sobat punya, misal seperti motor, mobil atau bahkan rumah. Jangan pernah takut jadi lebih miskin, memang diawal kita hijrah dalam menjauhi riba terasa akan lebih sulit bahkan harta yang kita miliki akan terkuras habis. 

Namun itu lebih baik dibandingkan dengan bergelimang harta namun hasil riba. Jangan takut menjual asset kita dan jangan dengarkan perkataan orang yang mengatakan kita jadi jatuh miskin, namun fokuslah untuk mulai keluar dari jeratan riba dan mulai mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, semua yang hilang dari kita mulai dari harta benda, dan pekerjaan, semata-mata hanya untuk keluar dari riba, maka akan Allah ganti dengan yang lebih baik. 

7. Sedekah

Punya asset jika dijual tapi tidak cukup untuk menutupi hutang riba, atau hanya punya sedikit uang saja tidak mempunyai asset sama sekali.? Jika keadaan sobat seperti demikian, maka harta yang sobat miliki sekarang mulai sedekahkanlah.

"Lah min ini kan punya uang cuma sedikit, ditambah punya hutang riba pula, bukannya uangnya nambah untuk bayar hutang malah habis dong min."

Jangan takut untuk bersedekah sob, orang yang bersedekah dengan ikhlas di jalan Allah, maka akan Allah ganti berkali-kali lipat bahkan sampai 700 kali lipat. Tetapi, jika sobat memiliki uang untik melunasi hutang riba, sebaiknya lunasi hutang tersebut terlebih dahulu, namun jika uang yang dimiliki hanya sedikit dan sisa untuk membayar hutang riba masih banyak, sebaiknya sedekahkan uang tersebut. 

8. Berserah diri kepada Allah

Jika semua poin diatas sudah dilaksanakan, langkah selanjutnya adalah berserah diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Yakinlah rencana Allah lebih baik, pertolongan Allah itu sangat dekat sekali, jadi jangan pernah berputus asa dan jangan pernah meninggalkan perintahnya. Lakukan semua poin diatas secara ikhlas dan istiqomah, Insyaallah pertolongan Allah akan datang tanpa diduga dan tanpa kita sadari.

Mungkin 8 poin diatas bisa diamalkan oleh sobat semua yang terjerat hutang riba dan ingin segera melunasinya. Semoga semua dari kita yang terjerumus ke dalam riba dapat keluar secepatnya dan yang memiliki hutang riba, semoga Allah bantu dalam melunasinya. Bagaimana menurut sobat tips ini.? Jika ini bermanfaat, jangab lupa share sebanyak-banyaknya ke sosial media atau ke teman-teman kalian semuanya sob.

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top