Home bisnis / bisnis modal kecil / bisnis sampingan / peluang usaha

Ditengah ekonomi yang cukup sulit seperti sekarang ini, orang-orang pasti berpikiran untuk memulai sebuah bisnis demi menambah penghasilannya demi mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Terkadang orang ingin sekali memulai bisnis, namun modal bisnis tidak ada sehingga mengurungkan niatnya. Berdasarkan hasil dari teman mimin sendiri, ada 2 jenis usaha yang bisa dibilang cukup menguntungkan, yang orang-orang jarang sekali menggeluti usaha ini dan bisnis ini bisa dijalankan dengan modal kecil.

2 bisnis menguntungkan ini bisa sobat jadikan bisnis sampingan juga, jadi tidak terlalu menyita waktu sobat dalam beraktivitas sehari-hari. Jika ditekuni dengan serius, bisnis ini mampu menjadi lahan uang bagi kita, karena sudah ada beberapa orang yang terbukti sukses termasuk teman mimin sendiri. "Min sebenarnya bisnis apa sih.?" Tenang sob, akan mimin jelaskan dua bisnis menguntungkan ini, namun sebelum itu siapkan dulu kopi dan cemilannya biar lebih santai baca artikel ini. Penasaran.? Yuk simak selengkapnya dibawah ini

bisnis, bisnis sampingan, peluang usaha, bisnis modal kecil,

1. Jualan Makanan Hewan (Pet shop)

Bisnis menjanjikan dan menguntungkan yang pertama adalah bisnis pet shop. "La lh min bisnis pet shop kan harus modal besar serta mempunyai tempat untuk buka toko pet shop nya." Jadi begini sob, mimin ini ambil contoh dari rekan mimin, jadi sobat datangi toko pet shop besar di daerah kalian dan ajak kerjasama, yaitu kalian ingin membantu dalam memasarkan produk pet shop nya tersebut. 

Bagaimana caranya.? Di berbagai marketplace banyak sekali produk makanan hewan (paling banyak adalah kucing dan anjing) yang dijual dalam bentuk repack atau kemasan ulang dengan berat timbangan yang berbeda mulai dari 0,5 kg sampai 10 kg. Tahu tidak, harga makanan kucing 20 kg itu berkisar antara 250 ribu sampai 400 ribu, bahkan ada yang paling mahal mencapai harga diatas 1 juta rupiah. 

Mengapa mereka kemas ulang dengan timbangan berbeda dan harga yang lebih murah.? Karena lebih banyak pembeli dibandingkan dengan kemasan 20kg yang harganya ratusan ribu rupiah dan orang cenderung memilih harga yang lebih murah. 

Cara Mainnya

Kita beli pakan merk A dengan berat 20kg harganya 250 ribu rupiah. Kemudian kita bagi menjadi 20 kantong dengan berat timbangan 1kg per kantongnya dan jual dengan harga Rp.15.000 per kg-nya. 

Modal Rp.250.000
20 kantong pakan (1kg) x Rp.15.000 = Rp.300.000
Disini kita dapat keuntungan Rp.50.000 dari hasil penjualan pakan hewan. Cukup lumayan bukan hasilnya. 

"Min emang pembelinya ada.?" Ehh jangan salah, ini sudah dilakukan oleh teman mimin dan sekarang sudah punya toko pet shop sendiri dengan omset bulanan mencapai 9 juta - 15 juta. Hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia adalah Kucing dan Anjing, jadi jangan takut tidak ada yang membeli. 

Masih ngga percaya.? Buka e-commerce, banyak yang jualan pakan hewan dengan kemasan repack atau dikemas ulang dengan berat yang lebih rendah dan harga yang lebih murah. Terus cara memasarkannya bagaimana.? Jika sobat sudah mengemas cukup banyak makanan hewan, baik untuk kucing maupun anjing, langkah pemasarannya cari spot yang ramai. 

Contoh di hari minggu ketika lari pagi atau di dekat pasar ketika orang berbelanja. Pasang banner atau spanduk kecil, jual makanan hewan (kucing / anjing) mulai dari Rp.15.000. Dengan harga segitu pasti banyak yang membeli dan jangan menganggap tidak akan ada pembeli karena hal yang satu ini cukup banyak dibutuhkan oleh orang. Atau sobat bisa cari komplek atau perumahan yang aktivitasnya cukup ramai. Tau sendiri kan, orang-orang komplek atau perumahan hampir 60% pasti memiliki peliharaan baik itu kucing maupun anjing. 

Memang terdengar aneh cara kerja bisnis ini, namun hal tersebut telah dibuktikan oleh teman mimin sendiri, dan dengan waktu 1,5 tahun saja ia sudah mempunyai toko pet shop sendiri. Apakah sudah terbayang oleh sobat? Sudah ada gambaran.? Mau mulai mencobanya.? 

2. Pertanian Hidroponik

Bisnis yang kedua adalah bertani hidroponik. Jangan salah loh, banyak pebisnis sukses dari bertani hidroponik ini bahkan pada awal membangunnya menggunakan alat-alat bekas seperti botol minuman bekas, kaleng cat bekas atau peralatan bekas lainnya yang bisa digunakan untuk bertani hidroponik. Di zaman sekarang, lahan terbuka sudah menjadi rumah, gedung, mall atau fasilitas umum lainnya. Bahkan jika ditanya pada anak muda sekarang, mereka kebanyakan lebih memilih bisnis di dunia internet, properti atau hal lain yang banyak digeluti pada saat ini bahkan tidak ada sama sekali yang menjawab ingin bertani. 

Kan memulai bertani hidroponik juga butuh lahan yang luas min.? Loh kata siapa.? Dengan lahan pekarangan rumah saja sudah bisa mulai menghasilkan uang dari bertani hidroponik. Hanya saja tidak akan mampu untuk memenuhi skala industri, penjualannya paling ke tetangga terdekat rumah kita. Pangan adalah hal yang paling utama dalam kehidupan manusia, bayangkan saja jika seseorang memiliki kekayaan yang berlimpah namun tidak ada makanan yang bisa dimakan.? Percuma saja hartanya tersebut, tidak mampu menghilangkan rasa laparnya. 

Masih tidak percaya.? Lihat di youtube, banyak sekali kisah orang sukses yang membagikan pengalamannya dalam bertani hidroponik dan mampu sukses bahkan tanpa modal sama sekalipun ada. Untuk tutorial mulai bertani hidroponik mungkin sobat bisa searching atau mungkin di lain artikel akan admin bahas mengenai cara bertani hidroponik. 

Nah sob itu merupakan 2 bisnis yang paling menguntungkan saat ini bahkan bisnis ini tidak perlu keluar modal yang cukup besar. Setelah baca artikel ini mungkin ada sebagian orang yang ragu, apakah benar bisnis ini menjanjikan.? Jika sobat masih ragu, mulai dari sekarang ubah mindset kalian, karena kebanyakan dari kita hanya berencana dan mengira-ngira saja, serta dirundung rasa takut untuk memulainya. 

Ada sebuah pepatah dari om Bob Sadino, "bisnis yang baik itu adalah bisnis yang dijalankan", nah dari sini kita bisa mulai berpikir, jika kita terlalu banyak berpikir tanpa action sama sekali, bisnis apapun yang ada dipikiran kalian tidak akan pernah berjalan sama sekali. Jika hanya mau untung lebih baik jangan berbisnis, dan jika takut rugi lebih baik cari pekerjaan dengan gaji bulanan. 

Mungkin dua poin diatas bisa jadi referensi bagi sobat semua dalam memilih bisnis yang akan dijalankan, jika artikel ini bermanfaat, share sebanyak-banyaknya ke teman kalian atau sosial media kalian dan jangan lupa ikuti blog Plutonema untuk mendapatkan informasi menarik lainnya dan tentunya dapat menambah wawasan sobat semua.

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top