Home blockchain / cryptocurrency / keuangan / ripple / Xpring

Ripple terus berbenah dan berkembang demi kenyamanan, keamanan dan kemudahan bagi pengguna mereka. Baru-baru ini, Ripple telah meluncurkan Xpring.io beserta dompetnya dan membawa sejumlah pembaruan dalam layanannya. Perusahaan blockchain yang berbasis di California itu mengumumkan sebuah portal bagi para pengembang serta sejumlah pembaruan tambahan untuk XRP Ledger, Xpring, Interledger dan blog mereka.

Ripple menyatakan bahwa semua ini merupakan bagian dari upaya mereka untuk membangun inisiatif pengembang Xpring yang telah diluncurkan kurang lebih satu tahun yang lalu, pada perangkat lunak sumber terbuka (open source), standar terbuka, dan jaringan terbuka untuk mendukung pembangunan dan pengembangan XRP serta untuk mewujudkan Internet of Value. Pembaruan dan perubahan tersebut diantaranya : 

Xpring.io 

Xpring.io merupakan portal pengembang baru yang diluncurkan oleh Ripple yang dilengkapi dengan wallet atau dompet. Dompet tersebut bisa digunakan untuk pembuatan dan pengelolaan akun kredensial yang lebih mudah, melihat isi saldo, serta riwayat transaksi. Hal itu dimaksudkan sebagai sebuah "hub pusat" bagi para developer karena dapat menampung alat, semua layanan Xpring dan dokumentasi memungkinkan pembayaran dalam produk dan aplikasi pengembang. Ripple juga mengatakan bahwa dompet ini sudah mendukung XRP Testnet.

Xpring SDK (Software Development Kit)

Selain Java, Javascript, dan Swift yang sudah hadir lebih dulu dan sudah digunakan, versi baru ini mendukung bahasa pemrograman populer lainnya seperti Go dan Phyton. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna menambahkan uang ke dalam aplikasi terlepas dari platform dan bahasa yang digunakan oleh para pengembang. Selain itu, hal ini juga dimaksudkan untuk memudahkan pertukaran dan mengirim pada dompet serta memverifikasi transaksi pada XRP Ledger.

Ripple juga mengatakan bahwa saat ini Xpring SDK mendukung pengiriman transaksi pada XRP Devnet dan Testnet, sebagai buku besar asset digital pertama yang menawarkan finalitas dan konfirmasi cepat. Menurut mereka, hal semacam ini tidak ada di Bitcoin (BTC) atau Ethereum (ETH), bahwa dengan hal itu blockchain dan cryptocurrency ditempatkan pada kesetaraan dengan pengalaman konsumen keuangan tradisional.

XRP Ledger

XRP Ledger versi 1.4.0 telah tersedia di XRP Tesnet dan Mainnet, yang dilengkapi dengan dukungan untuk akun yang dihapus. Dukungan ini memungkinkan pengguna untuk menghapus akun XRP Ledger mereka dan memulihkan hingga 15 XRP dari cadangan dasar mereka. Selain itu, dukungan StatsD juga telah ditambahkan, dimana ini merupakan solusi pemantauan drop-in yang dapat digunakan operator server untuk memantau kesehatan server mereka telah ditingkatkan. Sementara itu, prototipe dukungan asli untuk kerangka kerja RPC universal open source (panggilan prosedur jarak jauh) yang dapat membantu pengembang mengakses protokol inti XRP Ledger yang disebut gRPC sedang ditinjau dan dapat dimasukan dalam versi beta XRP Ledger versi 1.5.0 pada XRP Devnet.

Xpring Blog

Xpring blog merupakan sebuah blog native yang mendukung monetisasi web. Diluncurkan dengan tujuan untuk konten tentang produk baru, kemitraan, kasus penggunaan, acara komunitas dan profil pengembang. 

Perubahan dan pembaruan ini terjadi pada kuartal akhir saja. Dikutip dari laman cryptonews, seperti diberitakan pada bulan Oktober lalu, Ripple mengumumkan banyak berita diantaranya beragam pembaruan untuk pengembang seperti Xpring SDK, kemitraan baru dan beberapa diantaranya dimaksudkan untuk mempermudah integrasi uang ke dalam bisnis mereka serta proposal untuk membuat XRP stablecoin - collateralized. Setelah pengumuman tersebut, Ripple mulai menghapus xRapid, xVia dan xCurrent dari situs mereka. 

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top