Home berita islam / islampedia / kabar dunia / muslim uighur

Penderitaan yang diterima oleh muslim Uighur menjadi perhatian masyarakat dunia. Beberapa waktu lalu, salah satu pesepakbola dunia yang merupakan salah satu pemain tim asal Inggris Arsenal yaitu Mesut Ozil menulis cuitan di Twitter dan Instagram mengenai muslim Uighur dan cukup menyita perhatian masyarakat dunia. Berikut pernyataan Mesut Ozil terhadap muslim Uighur

"Di China Al-Qur'an dibakar, masjid ditutup, sekolah-sekolah teologi islam ditutup, madrasah dilarang, cendekiawan muslim dibunuh satu per satu. Terlepas dari semua ini, namun muslim masih tetap diam.?

berita islam, islampedia, kabar dunia, muslim uighur,

Berkat cuitannya tersebut, masyarakat dunia khususnya masyarakat negeri muslim mulai memberikan dukungan terhadap muslim Uighur yang mendapatkan tindakan intimidatif dari pemerintah China. Dibalik banyaknya dukungan terhadap muslim Uighur berkat cuitan dari Mesut Ozil, Pemerintah China juga bereaksi terhadap pernyataan yang dilontarkan Ozil. Bukan hanya mendapatkan kecaman dari Pemerintah China, siaran pertandingan Liga Premier antara Arsenal melawan Manchester City batal ditayangkan oleh salah satu televisi China yaitu CCTV.

Dikutip dari laman AFP, Juru bicara Kementrian Luar Negeri China, Geng Shuang, juga melontarkan pernyataannya. "Saya tidak tahu apakah tuan Ozil sendiri sudah pergi ke Xinjiang. Tetapi tampaknya ia telah ditipu oleh berita palsu dan bahwa penilaiannya dipengaruhi oleh pernyataan yang tidak benar. Jika tuan Ozil memiliki kesempatan, kami akan senang melihatnya pergi ke Xinjiang dan melihat-lihat," ucapnya. 

Meskipun dikecam oleh Pemerintah China dan sebagian besar masyarakat China, Ozil panen dukungan dari muslim Uighur. Masyarakat Uighur memegang poster dukungan untuk Ozil mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan ada poster yang bertuliskan "Terimakasih telah menjadi suara kami." Pendukung muslim Uighur juga memegang poster Ozil saat menggelar aksi di Beyazid Square, Istanbul pada hari Sabtu 14/12 kemarin. 

Muslim Uighur berterimakasih kepada Ozil karena telah menyuarakan penderitaan mereka sehingga masyarakat dunia menjadi bereaksi akan pernyataan Ozil tersebut dan mulai banyak dukungan terhadap muslim Uighur. Walaupun dikecam oleh Pemerintah China dan sebagian besar masyarakat China, Ozil tetap banjir dukungan dari banyak masyarakat dunia khususnya muslim Uighur. 

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top