Home cloud gaming / facebook / game / google stadia / playgiga / playstation now / startup / xcloud

Perusahaan sosial media raksasa Facebook tengah berencana untuk membangun platform cloud gaming miliknya sendiri dan berencana masuk ke pasar cloud gaming setelah mengakuisi layanan cloud gaming yang bermarkas di Madrid, Spanyol yaitu PlayGiga. Akuisisi ini telah resmi diumumkan oleh divisi game Facebook dan secara tidak langsung ini menunjukkan bahwa Facebook ingin mencoba masuk ke dalam pasar cloud gaming yang tengah ramai saat ini.

Seperti dikutip dari laman Cinco Dìas yang memuat laporan bahwa Facebook mengakuisisi PlayGiga dengan harga 70 juta Euro atau 78 juta USD atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 1,09 triliun. Dalam web resminya, pihak PlayGiga memuat pernyataan bahwa "kami sangat senang mengumumkan bahwa tim kami pindah ke sesuatu hal yang lebih baru. Kami melanjutkan pekerjaan kami di cloud gaming, sekarang dengan visi baru. Kami ingin mengucapkan terimakasih kepada semua mitra dan juga pelanggan kami atas dukungan mereka selama ini."

game, cloud gaming, facebook, playgiga, xcloud, playstation now, google stadia, startup,
Gambar : © firstpost

Jika perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini akan masuk ke layanan cloud gaming, maka tentunya akan menambah persaingan di layanan cloud gaming. Diantara proyek yang sudah berjalan atau yang sedang berjalan antara lain, Google dengan Google Stadia-nya, Microsoft dengan proyek XCloud, Electronic Arts dengan Proyek Atlas, Nvidia dengan layanan GeForce Now dan satu lagi dari Sony dengan layanan Playstation Now. 

Seperti yang sudah kita ketahui, dalam beberapa tahun terakhir, kita melihat Facebook begitu serius dalam menghadirkan ekosistem game dalam platform miliknya. Seperti contoh pada bulan Maret lalu, Facebook menambahkan bagian gaming dalam bilah navigasi. Sudah tahu kan, jika kita membuka Facebook maka akan terdapat bilah navigasi yang khusus untuk gaming yang merupakan layanan khusus streaming game. Selain itu, di Facebook juga ada permainan instan berbasis web bahkan baru-baru ini juga Facebook mengklaim bahwa ada sekitar 700 juta penggunanya yang terlibat dalam konten game Facebook setiap bulan.

PlayGiga sendiri merupakan sebuah start-up asal Madrid, Spanyol yang didirikan oleh Cēsar Valencia dan saat ini dijalankan oleh Javier Polo. PlayGiga saat ini beroperasi di Spanyol, Italia, Chili, Argentina, dan Qatar, tetapi di luar yang terakhir PlayGiga memasarkan produknya melalui operator telekomunikasi atau perusahaan media lokal. Pemegang saham utamanya adalah dana modal ventura Adara Ventures yang menyumbang lebih dari 32% dari modalnya. Partisipasi ini juga diikuti oleh Criteria dengan 19% melalui Caixa Capital TIC dan Caixa Capital Micro; Inveready dengan 12,40%; Rustic Queen dengan 8,43%; Javier Polo dengan 6,04%; Bankinter Capital Riesgo dengan 4,52%; Awakemist dengan 4,11%; dan yang terakhir oleh Luiz Fernando Fernàndez Lòpez dengan 3,68% pada akhir tahun lalu. 


Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top