Home bisnis / dana / doku / dompet digital / fintech / gopay / keuangan / linkaja / ovo / teknologi

Kemajuan teknologi memang mempermudah kehidupan manusia di segala bidang, termasuk dalam hal finansial dan keuangan. Bisa dibayangkan jika seseorang ingin membeli mobil atau rumah dan ia harus menyediakan tempat untuk menyimpan semua uang tersebut, tentu akan sedikit merepotkan. Namun saat ini, manusia tidak perlu membawa uang fisik dalam jumlah banyak untuk bepergian atau berbelanja atau melakukan hal lainnya, semua bisa menggunakan kartu ATM atau dompet digital yang bisa mereka gunakan untuk mempermudah mereka dalam bertransaksi dan tidak perlu membawa uang fisik dalam jumlah banyak dalam kantong mereka.

bisnis, fintech, teknologi, gopay, ovo, dana, linkaja, doku, dompet digital,

Di indonesia sendiri ada cukup banyak e-wallet atau dompet digital yang bisa digunakan, namun ada beberapa dompet digital yang bisa dikatakan terbaik dan paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Ada 5 e-wallet atau dompet digital terbaik dan populer di Indonesia yang patut sobat coba, apa saja itu.? Simak selengkapnya dibawah ini. 

1. GoPay

gopay, e-wallet, gojek

GoPay adalah uang elektronik atau dompet digital yang diluncurkan oleh Gojek untuk menyimpan saldo kredit yang digunakan untuk transaksi yang berkaitan dengan aplikasi Gojek. Namun seiring berjalannya waktu, GoPay mulai terintegrasi dengan berbagai bank besar dan berbagai merchant untuk keperluan transaksi sehari-hari baik berupa pembayaran, transfer, dan tarik tunai.

GoPay masih memimpin dari segi pengguna jumlah bulanan terbanyak di Indonesia. Seperti dikutip dari laman Medium, sebanyak 30% dari total transaksi uang elektronik Indonesia berasal dari GoPay. Integrasi di berbagai macam merchant membuat GoPay menjadi yang menduduki posisi pertama saat ini dibanding dengan yang lainnya. Ditambah, opsi pembayaran Google juga saat ini telah mendukung GoPay setelah investasi Google ke Gojek pada awal tahun lalu.

2. OVO

ovo, e-wallet, dompet digital,
Gambar : © finansialku.com

OVO adalah layanan pembayaran digital dan transaksi secara online (OVO Cash). Anda juga berkesempatan untuk menggunakan poin setiap kali melakukan transaksi pembayaran melalui OVO. Perusahaan ini merupakan besutan dari Grup Lippo yaitu LippoX. OVO berada dibawah naungan PT. Visionet Internasional dan diluncurkan pada bulan Maret 2017 lalu. 

Berbagai kemitraan strategis dengan perusahaan besar dan merchant telah terealisasi sehingga menjadikan OVO berkembang begitu cepat. OVO juga telah menjalin kerjasama dengan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yaitu Tokopedia, sehingga menjadikan OVO menjadi digital payment di Tokopedia menggantikan Tokocash. Berdasarkan data Q2 2019 dari App Annie, OVO menduduki posisi kedua dengan jumlah pengguna bulanan terbanyak setelah GoPay.

3. Dana

dana, e-wallet, dompet digital,
Gambar : © dailysocial.id

Dana atau Dompet Digital Indonesia adalah layanan pembayaran digital atau aplikasi e-wallet pendatang baru hasil kerjasama Emtek Group dan Ant Financial yang diluncurkan pada tahun 2018 lalu. Pada awal rilis, Dana memperkenalkan layanan berbasis open platform dan Dana saat ini menjadi e-wallet resmi yang bisa digunakan untuk transaksi di salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yaitu Bukalapak melalui Bukadompet.

Walaupun sebagai pendatang baru, Dana mulai menunjukan taringnya, seperti dikutip dari laman inet detik berdasarkan data iPrice Group, Dana memiliki pengguna aktif bulanan yang relatif stabil sejak Q4 2018 sampai dengan Q2 2019. Pada kuartal 2 2019, Dana telah merebut posisi LinkAja di posisi ketiga, namun dari segi jumlah download aplikasi, Dana yang berada di posisi 2 berhasil disalip oleh OVO pada periode yang sama. 

4. LinkAja

linkaja, dompet digital, e-wallet,
Gambar : © linkaja.id

LinkAja adalah layanan keuangan digital yang berupa uang elektronik, berfungsi layaknya rekening bank yang fleksibel dan tanpa adanya bunga. LinkAja merupakan aplikasi e-wallet hasil gabungan dari berbagai BUMN, diantaranya : T-Cash milik Telkomsel, T-Money milik Telkom, T-Bank milik BRI, Mandiri e-cash milik Bank Mandiri dan UnikQu milik Bank BNI. 

Walaupun terjadi penggabungan beberapa e-wallet dan e-money pada Q2 2019, grafik pengguna bulanan LinkAja tergolong stabil, tidak menunjukan pergerakan bulanan yang meningkat tajam. Migrasi yang terjadi pada 30 Juni 2019 lalu, membuat LinkAja harus siap bersaing dengan GoPay dan OVO yang sudah lebih dulu terjun di dunia fintech. Terdengar kabar juga bahwa LinkAja baru-baru ini akan menjalin kerjasama dengan GoJek supaya bisa digunakan dalam aplikasi GoJek sebagai layanan pembayaran alternatif selain GoPay. 

5. Doku Wallet

doku wallet, e-wallet, dompet digital,
Gambar : © finansialku.com

Doku Wallet adalah layanan dompet digital atau uang elektronik yang dapat digunakan untuk berbelanja online dan offline dari berbagai merchant, bayar tagihan, transfer ke bank atau ke sesama pengguna Doku. Doku Wallet diluncurkan oleh PT. Nusa Satu Inti Artha yang dilengkapi dengan fitur penghubung dengan kartu kredit dan uang elektronik. Tercatat pada tahun 2017 lalu, Doku telah terhubung dengan 23 Bank lokal dan menggandeng lebih dari 20 merchant dan sampai saat ini terus tumbuh. Pada tahun yang sama, Doku telah memenuhi titik impas di lini payment gateway dengan tingkat pertumbuhan pertahunnya mencapai 30%. 

Kelebihan E-Wallet 

Aman 

E-Wallet memberikan keamanan yang tinggi bagi pengguna dengan mempertimbangkan bahwa pengguna mengotorisasi transaksi dengan PIN, sidik jari maupun kata sandi. Dengab hal itu, dompet digital lebih aman dari bahaya pencurian.

Praktis dan Mudah 

Kelebihan dari e-wallet yaitu menawarkan kemudahan dalam bertransaksi dan fleksibilitas tinggi. Pengguna tidak perlu membawa banyak uang di kantong mereka, atau membawa banyak kartu atm di dompet mereka. Cukup dengan smartphone yang sudah terinstal e-wallet kita sudah bisa melakukan berbagai pembayaran di berbagai merchant.

Riwayat Transaksi Tercatat Rapi dan Jelas

Dalam e-wallet, semua transaksi yang telah dilakukan tersimpan dengan rapi dan detail sehingga memudahkan pengguna dalam pencatatan keuangan mereka. Informasi transaksi ditampilkan dengan sangat jelas, mulai dari dana masuk atau keluar, waktu dan tanggal transaksi serta penerima transaksi. 

Banyak Promosi Menarik

Sudah kita ketahui banyak e-wallet di Indonesia yang memberikan promosi menarik. Salah satunya Dana, yang beberapa waktu lalu memberikan promosi besar-besaran untuk penggunanya. Selain itu ada fitur poin yang juga bisa dimanfaatkan oleh pengguna.

Kekurangan E-Wallet

Keterbatasan Merchant

E-Wallet hanya bisa digunakan pada merchant yang sudah bekerja sama dengan penerbit e-wallet itu sendiri. Walaupun banyak kemudahan yang dihadirkan, akan tetapi layanannya masih tebatas khususnya di merchant.

Tidak Ada Imbal Hasil (Return)

E-wallet tidak membebankan biaya administrasi yang menggerus saldo pengguna, dan sampai saat ini belum ada e-wallet yang dapat memberikan bunga atau imbal hasil dari saldo pengguna yang tersisa. Sampai kapanpun, uang yang tersimpan dalam e-wallet tidak akan bertambah kecuali pengguna melakukan top-up.

Nah itu dia 5 e-wallet atau dompet digital terbaik dan terpopuler yang paling banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia beserta kelebihan dan kekurangan dari e-wallet itu sendiri. Manakah yang kalian pakai saat ini, dan dompet digital mana yang menurut sobat terbaik dari 5 e-wallet diatas.?


Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top