Home islam / islampedia / sholat sunnah / sholat tahajud

Banyak sekali artikel atau video yang beredar di internet yang menjelaskan keutamaan dan manfaat sholat tahajud. Mengapa admin bahas lagi dalam blog ini, karena ini sebagai pengingat bagi diri sendiri dan juga sebagai media dakwah untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi semua pembaca blog ini dan semoga bisa diamalkan oleh rekan semua. Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunat yang istimewa, dimana perintahnya langsung disebutkan dalam Al-Qur'an.

Sholat tahajud dilakukan di sepertiga malam dimana orang-orang sedang tertidur dan bagi yang ingin melaksanakan sholat tahajud wajib tidur terlebih dahulu walaupun sebentar saja. Sholat tahajud merupakan sholat yang paling susah di kerjakan. Mengapa susah dikerjakan.? Godaan rasa kantuk yang kuat sehingga susah untuk bangun malam untuk melaksanakan sholat tahajud. Bahkan ada beberapa orang yang bisa bangun malam namun takut dengan hal-hal ghaib yang akhirnya melanjutkan tidurnya kembali.

islampedia, sholat tahajud, sholat sunnah, islam,

Namun jika itu semua bisa dikalahkan, maka kedepannya kita akan lebih mudah untuk melaksanakan sholat tahajud. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an mengenai sholat sunnah yang begitu istimewa ini : 

"Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan mengangkat kamu ke tempat yang terpuji (Q.S Al Israa:79) 

Ada banyak manfaat dan keutamaan dari sholat tahajud dan mimin yakin kita semua ingin mendapatkan keutamaan tersebut. Dalam artikel ini admin akan coba menjelaskan 10 manfaat dan keutamaan dari sholat tahajud, apa saja itu.? Yuks baca artikel ini sampai selesai

1. Kunci Masuk Surga

Pertama, sholat tahajud merupakan salah satu kunci bagi orang beriman untuk masuk ke dalam surga di akhirat kelak. Namun jangan hanya melaksanakan sholat tahajud saja, ibadah wajib lainnya harus menjadi yang utama dan ikhlas dijalankan hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Dalam sebuah hadist Rasullullah shallallahu 'alaihi wassalam bersabda :

"Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturahim, dan sholatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat." (HR Tirmidzi)

2. Mendapatkan Kebaikan di Dunia maupun di Akhirat

Salah satu manfaat sholat tahajud lainnya bagi orang yang rajin melaksanakan sholat tahajud yaitu mendapatkan kebaikan di dunia maupun di akhirat kelak. Seperti sabda Rasulullah dalam hadist riwayat Muslim dan hadist riwayat Al-Marwazi yang berbunyi :

Rasullullah SAW bersabda :
"Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah SWT dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada pada setiap malam." (HR Muslim)

Rasullullah SAW bersabda :
"Sesungguhnya dalam Taurat tertulis, 'Sungguh Allah SWT telah memberikan kepada orang-orang yang lambungnya jauh dari tempat tidur, apa yang tidak pernah terlihat oleh mata, tidak pernah terdengar oleh telinga dan tidak pernah terlintas dalam hati manusia, yakni apa yang tidak di ketahui oleh Malaikat yang dekat kepada Allah dan Nabi yang diutus-Nya.' (HR Al-Marwazi)

3. Tubuh Lebih Sehat dan Dijauhkan dari Penyakit

Diantara keutamaan dan manfaat sholat tahajud lainnya adalah tubuh lebih sehat dan dijauhkan dari penyakit. Hal ini juga terbukti secara medis bahwa sholat tahajud dapat mempengaruhi kesehatan kita dimana dapat sistem meningkatkan kekebalan tubuh, memperlancar aliran darah, dan dapat terhindar dari infeksi saluran pernapasan. Jadi bagi sobat yang sedang sakit atau merasa badannya kurang sehat bisa coba amalkan sholat tahajud setiap malam di sepertiga malam.

4. Dikabulkannya Doa

Orang yang melaksanakan sholat tahajud setiap malam kemudian berdoa dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT, diyakini doa tersebut akan mudah dikabulkan oleh Allah. Tapi bukan hanya satu atau dua kali saja, lakukan sholat tahajud secara konsisten setiap malam dan berdoa kepada Allah setelah selesai melaksanakan sholat tahajud. Sobat bisa coba lakukan sholat tahajud selama 40 hari dan lihat apa yang terjadi selanjutnya Insyaallah doa kita akan dikabulkan oleh Allah. Lebih baik jika kita terus melakukan sholat tahajud setiap hari bukan hanya 40 hari saja.

5. Dapat Menghapus Dosa dan Pencegah dari Dosa

Salah satu manfaat dan keutamaan lainnya yaitu dapat menghapus dosa dan mencegah dari perbuatan dosa. Orang-orang yang rajin melaksanakan sholat tahajud dengan niat ikhlas hanya untuk beribadah kepada Allah, maka dosa-dosanya akan dihapuskan. Dengan sholat tahajud, kita akan selalu senantiasa mengingat Allah dan kita akan terhindar dari segala perbuatan dosa karena selalu mengingat Allah. 

6. Mendapatkan Kemuliaan dan Kewibawaan

Orang yang sering melaksanakan sholat tahajud akan mendapatkan kemuliaan dan kewibawaan di dunia maupun di akhirat. Allah akan memberikan kemuliaan dan kewibawaan kepada orang yang rajin melaksanakan sholat tahajud. Selain itu, orang yang rajin melaksanakan sholat tahajud akan Allah angkat derajatnya.

"Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada sholat malamnya." (HR Hakim; hasan)

7. Mendapatkan Ketenangan Hati

Pernahkah sobat mengalami rasa gelisah atau takut yang besar dan perasaan itu sering datang berkali-kali membuat ketidaknyamananan dalam diri kita sendiri. Atau pernah dirundung masalah yang besar.? Jika mengalami itu semua namun sulit mencari jalan keluar, maka cobalah melaksanakan sholat tahajud, karena sholat tahajud dapat memberikan ketenangan hati kepada seseorang yang melaksanakannya. Bukan hanya sholat tahajud, sholat lainnya pun dapat memberikan ketenangan hati. 

Tetapi di sepertiga malam, kondisinya lebih hening dimana kita akan lebih khusyuk untuk beribadah dan berdoa kepada Allah. Pikiran kita akan lebih tenang dan segar dan segala masalah akan terasa hilang dengan sendirinya karena hanya dengan mengingat Allah maka hati kita akan tenang. 

8. Mendapatkan Cinta Allah

Allah lebih cinta terhadap hamba-Nya yang mau mendekatkan diri pada-Nya. Di sepertiga malam Allah turun ke bumi dan siapapun yang berdoa di seperti malam akan Allah kabulkan. Orang-orang yang bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan sholat tahajud dan mendekatkan diri pada Allah maka Allah akan mencintainya, sebab Allah SWT mencintai orang-orang yang mau mendekatkan diri pada-Nya. 

9. Bukti Ketaqwaan Terlihat Jelas di Wajah 

Orang yang rajin melaksanakan sholat tahajud akan memiliki ciri atau bukti ketaqwaan yang terlihat di wajahnya. Orang yang rajin melaksanakan sholat tahajud terlihat lebih bercahaya wajahnya. Ini menjadi bukti seseorang yang bertaqwa kepada Allah yang sering melaksanakan sholat tahajud.

10. Sholat yang Paling Afdhal Setelah Sholat Wajib 5 Waktu

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat yang paling afhdal dilakukan setelah sholat wajib 5 waktu. Dengan sholat tahajud, kita menjadi lebih khusyuk dalam beribadah kepada Allah dan di sepertiga malam merupakan waktu terbaik untuk mengadukan segala permasalahan hidup maupun meminta keinginan kepada Allah, karena Allah telah berjanji barangsiapa yang berdoa pada-Nya di sepertiga malam, maka Allah akan kabulkan keinginannya. 

Poin-poin diatas merupakan salah satu dari sekian banyak keutamaan dan manfaat sholat tahajud. Setelah tahu manfaat dan keutamaan sholat tahajud, apakah sobat mulai ingin melakukan sholat tahajud secara rutin.? Semoga kita semua bisa melaksanakan sholat tahajud secara rutin setiap harinya. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada rekan atau sosial media kalian supaya mereka mengetahui manfaat dan keutamaan dari sholat tahajud.

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top