MASIGNASUKA101
1236281468114096930

Ini dia Negara Asia Tenggara yang Telah di Ekspansi Gojek

Ini dia Negara Asia Tenggara yang Telah di Ekspansi Gojek
Add Comments
Kamis, 06 Juni 2019
Berkembangnya teknologi semakin memudahkan kita dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Dalam segala bidang semuanya menggunakan teknologi demi kelancaran aktifitas termasuk dalam layanan transportasi.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa perkembangan layanan transportasi online di Indonesia sudah sangat banyak membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia sendiri saat ini ada dua aplikator yang mendominasi layanan transportasi online yaitu Gojek dan Grab.

Namun pada artikel kali ini kita akan coba membahas sepak terjang Gojek dimulai berdiri sampai berhasil ekspansi ke beberapa negara Asean.

Gojek sendiri berdiri pada tahun 2010 silam dimana pada saat itu Gojek hanya sebagai penghubung antara konsumen dengan ojek tradisional. Komunikasi dilakukan dengan cara pihak konsumen terlebih dahulu menelepon pihak Gojek dan pihak ojek akan meneruskan pesan tersebut ke pihak ojek tradisional untuk segera melakukan penjemputan.
Ini dia negara yang berhasil di ekspansi gojek, sejarah berdirinya gojek, berita gojek terbaru, gojek berencana ekspansi ke kawasan afrika,
Source gambar : pixabay
Edited : admin

Seiring dengan berjalannya waktu, pihak Gojek terus melakukan perbaikan layananannya demi memudahkan proses antar jemput penumpang. Alhasil pada tahun 2015 lalu, akhirnya Gojek meluncurkan aplikasinya yang bisa diunduh dan di instal di smartphone pengguna dan hal tersebut telah berhasil menarik perhatian dikalangan masyarakat dan juga mendapat respon yang baik di masyarakat Indonesia.

Bukan hanya sebagai layanan antar jemput penumpang saja, Gojek terus melakukan inovasinya dengan menghadirkan layanan antar barang dan layanan antar makanan dimana pada saat itu memang tidak ada jasa antar barang dan makanan secara cepat.

Hanya dalam beberapa tahun saja perkembangan Gojek sangat pesat dan menarik perhatian investor. Dulu, bahkan raksasa teknologi yaitu Google juga ingin mengakuisisi Gojek namun sang founder yaitu Nadiem Makarim menolak hal tersebut, karena ia beranggapan Gojek bisa besar seperti perusahaan lainnya dan benar saat ini Gojek menjadi salah satu startup besar dengan nilai valuasi lebih dari $10 juta USD.

Demi mengembangkan bisnisnya, Gojek telah melakukan ekspansi ke beberapa negara di kawasan Asia Tenggara diantaranya Vietnam, Thailand dan Singapura. Dalam melakukan ekspansinya ke berbagai negara di kawasan Asia Tenggara, Gojek lebih memilih menggandeng startup lokal dan menitik beratkan budaya di negara yang akan dimasuki oleh Gojek, alhasil di beberapa negara tersebut nama Gojek berubah seperti di Vietnam nama Gojek berubah menjadi Go-Viet, di Thailand menjadi Get sedangkan di Singapura nama Gojek tetap dipertahankan tanpa ada perubahan.

Hal ini tidak seperti yang dilakukan oleh saingan terbesar Gojek yaitu Grab, dimana di setiap negara yang telah di ekspansi Grab, nama tersebut tidak berubah sama sekali. Untuk Filipina dan Malaysia sendiri sampai saat ini masih menolak hadirnya Gojek di negaranya dengan alasan transportasi sepeda motor tidak cocok untuk dijadikan layanan transportasi umum di negara tersebut.

  • Go-Viet (Vietnam)


Negara pertama yang berhasil Gojek masuki adalah Vietnam dimana di Vietnam sendiri layanan transportasi online ini diberi nama Go-Viet. Vietnam dinilai sebagai pangsa pasar yang baik, dimana Nadiem Makarim menilai bahwa penduduk Vietnam terbuka akan hal baru dan juga Vietnam merupakan jumlah terbesar pengguna sepeda motor di Asia Tenggara dan itulah alasan Gojek mengambil langkah ekspansi pertamanya di Vietnam. Sejak pertama kali diluncurkan, aplikasi Go-Viet telah diunduh sebanyak 1,5 juta pengguna dan saat ini layanan yang hadir berupa Go-Bike, Go-Send dan Go-Food.

  • Get (Thailand)


Negara kedua target ekspansi Gojek yaitu Thailand. Di Negeri Gajah Putih ini nama Gojek berubah menjadi Get dengan atribut khas Thailand berwarna kuning. Setelah sebelumnya rilis pada versi beta pada bulan desember tahun 2018 lalu, akhirnya Get resmi meluncurkan aplikasi finalnya dan resmi mengaspal pada awal tahun 2019 kemarin. Layanan yang tersedia saat ini yaitu Get Win layanan antar penumpang, Get Delivery layanan pesan antar barang dan Get Food layanan pesan antar makanan.

  • Gojek Singapura
Source gambar : straitstimes

Di Singapura nama Gojek tidak berubah seperti di Vietnam dan Thailand bahkan dari aplikasi dan atribut pun masih sama dengan nuansa hijau seperti di Indonesia. Di Singapura layanan transportasi berbasis motor tidak ada hanya ada layanan transportasi berbasis mobil. Rute perjalanan juga masih belum cukup luas hanya tersedia di bagian timur Singapura saja. Namun seiring berjalannya waktu Gojek Singapura akan terus memperluas rute perjalanannya demi menjangkau seluruh masyarakat Singapura.

Nah itulah 3 negara yang telah berhasil di ekspansi oleh Gojek, untuk Filipina dan Malaysia sendiri saat ini masih dalam proses. Walaupun sempat terjadi penolakan, akan tetapi pihak Gojek masih terus melakukan upaya agar Gojek bisa masuk ke negara tersebut. Bahkan beredar kabar bahwa Gojek akan mencoba ekspansi ke kawasan Afrika. Kita tunggu saja, kejutan apalagi yang akan dilakukan oleh Gojek dan semoga dengan Gojek bisa membawa harum nama Indonesia.