MASIGNASUKA101
1236281468114096930

Nilai Valuasi Lebih Dari 10 Milyar Dollar, Gojek Satu-Satunya Startup Dalam Negeri Yang Menyandang Status Decacorn

Nilai Valuasi Lebih Dari 10 Milyar Dollar, Gojek Satu-Satunya Startup Dalam Negeri Yang Menyandang Status Decacorn
Add Comments
Senin, 08 April 2019
Saat ini kita tentu sangat familiar ketika mendengar istilah unicorn, khususnya mimin baru mengetahui arti dari unicorn setelah debat calon presiden beberapa waktu lalu. Pada saat itu mimin beranggapan bahwa unicorn adalah sebuah kuda yang memiliki sayap dan tanduk seperti pada film anak-anak, namun ternyata unicorn adalah sebuah julukan bagi startup atau bisnis dengan nilai valuasi tertentu.

Ada beberapa tingkatan diantaranya yaitu unicorn, decacorn dan hectocorn dalam menggambarkan nilai valuasi suatu bisnis dan akan mimin jelaskan terlebih dahulu mengenai ketiga istilah tersebut.
gojek berhasil menjadi salah satu decacorn yang berasal dari dalam negeri, gojek decacorn,

  • Unicorn 
Unicorn merupakan sebutan untuk startup yang memiliki nilai valuasi sebesar 1 milyar dollar amerika atau jika di rupiahkan berkisar 14 trilliun lebih. Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak adalah beberapa contoh startup yang menyandang status unicorn.

  • Decacorn
Decacorn merupakan sebutan untuk startup yang memiliki nilai valuasi sebesar 10 milyar dollar amerika atau lebih. Perusahaan yang saat ini menyandang status decacorn yang paling kita ketahui adalah Grab. Grab berhasil mencatatkan nilai valuasi diatas 10 milyar dollar amerika dan berhak menyandang status tersebut. Tentunya banyak perusahaan yang menyandang gelar tersebut dan sudah terkenal dan tidak asing ditelinga kita. 

Baru-baru ini Gojek juga secara resmi telah menyandang gelar tersebut, sedangkan marketplace Tokopedia sedang menuju untuk mendapatkan gelar tersebut.

  • Hectocorn
Nah kalo yang satu ini nilai valuasinya lebih besar lagi, gelar ini diberikan pada startup yang memiliki nilai valuasi diatas 100 milyar dollar amerika. Sampai saat ini belum ada startup asal Indonesia yang berhasil menyandang gelar ini. Beberapa contoh perusahaan yang menyandang gelar Hectocorn diantaranya Apple, Google, Facebook, Microsoft, Cisco dan Oracle. 

Mungkin beberapa contoh diatas bisa dikatakan lebih dari Hectocorn karena memang nilai valuasi yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan tersebut sangatlah besar.

Baca Juga :
source gambar : bussinestime.com.sg
Baru-baru ini, startup asal Indonesia yaitu Gojek telah berhasil menyandang gelar Decacorn dengan mencatatkan valuasi lebih dari 10  milyar dollar amerika. Dikutip dari laporan lembaga riset CB Insight dalam The Global Unicorn Club, valuasi Gojek saat ini telah mencapai nilai valuasi lebih dari 140 triliun atau lebih dari 10 milyar dollar amerika dan saat ini menduduki peringkat ke 19 secara global.

Keberhasilan Gojek ini tentunya diraih berkat suntikan dana yang terus mengalir ke kantong perusahaan. Berkat hal tersebut juga, Gojek telah berekspansi ke beberapa negara di Asia tenggara dan mencoba menggoyahkan dominasi Grab di pasar Asia Tenggara. Dengan menyandang status tersebut, Gojek telah mencatatkan sejarah karena Gojek merupakan satu-satunya startup dalam negeri yang mampu menyandang status tersebut.


Namun nilai valuasi Gojek masih kalah dibanding dengan rival terberatnya yaitu Grab. Grab saat ini memiliki nilai valuasi lebid dari 11 milyar dollar amerika. Pertarungan kedua kubu ini semakin menarik, dan sebagai aplikasi yang berasal dari dalam negeri tentunya banyak harapan masyarakat bahwa Gojek dapat terus tumbuh dan membawa nama baik Indonesia dan sekaligus membuktikan bahwa startup Indonesia pun mampu bersaing dengan startup lainnya.