MASIGNASUKA101
1236281468114096930

Menabung Uang atau Menabung Emas? Mana yang Lebih Menguntungkan

Menabung Uang atau Menabung Emas? Mana yang Lebih Menguntungkan
Add Comments
Jumat, 04 Januari 2019
Siapa sobat disini yang gemar menabung.? Tentunya hampir semua sobat mimin rajin menabung dan bahkan ada juga orang yang tidak bisa menabung sama sekali karena pengeluaran sehari-harinya yang tidak terkontrol sama sekali. Kebanyakan tujuan menabung adalah untuk mendapatkan sesuatu barang atau keinginan di masa depan dengan simpanan dana yang telah disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Kebanyakan orang menabung dalam bentuk uang, namun ada juga yang berbentuk emas, namun orang yang menabung dalam bentuk emas relatif sedikit peminatnya. Mengapa demikian.? karena mungkin uang dapat dengan mudah digunakan untuk membeli apapun di banding emas pada saat ini, jadi kebanyakan orang lebih memilih menabung uang. Nah pada artikel kali ini, saya akan coba bahas lebih menguntungkan mana menabung uang atau menabung emas, simak artikel ini sampai selesai.
menabung uang atau menabung emas, menabung emas lebih menguntungkan, cara menabung emas dengan modal minim, kelebihan menabung emas, kelebihan emas daripada uang, emas vs uang,

Menabung Uang

Pasti sobat semua pernah mempunyai keinginan untuk menyisihkan sebagian uang dari gaji bulanan untuk disimpan dan nanti beberapa bulan atau beberapa tahun ke depan uang itu bisa diambil dan dipakai untuk membeli sesuatu atau sebagai dana tak terduga. Bukan hanya sobat saja, bahkan saya juga menginginkan hal tersebut, namun saya adalah type orang yang tidak bisa menabung dalam jangka waktu yang lama, karena ketika uang sudah sedikit terkumpul langsung saja dipakai untuk membeli barang hahaha.

Kita biacara sejarah sedikit yaa, dulu pada tahun 1946 tepatnya 1 tahun setelah Bangsa Indonesia merdeka, uang pecahan 10 rupiah Indonesia sama dengan 5 gram emas murni dan hal tersebut sudah tercantum dalam UU No.17 tahun 1946 dan UU No.19 tahun 1946 Tentang Pengeluaran Uang Republik Indonesia. Sobat bisa cek sendiri bunyi pasal tersebut, namun secara garis besarnya uang pecahan 10 rupiah Indonesia sama dengan 5 gram emas murni.


Bayangkan jika dulu mempunyai uang 1000 rupiah saja, berapa banyak emas yang bisa dibeli dengan uang 1000 rupiah. Tapi dulu uang 1000 rupiah tidak dicetak karena terlalu besar harganya. Tapi itu dulu, sekarang uang 1000 rupiah bagaimana.? Bisa dilihat sendiri sekarang, uang 1000 rupiah untuk membeli indomie saja tidak cukup kan.

Pada tahun 90.an uang 100 ribu Rupiah dapat membeli barang atau kebutuhan yang banyak, bagaimana sekarang.? Uang 100 ribu dibawa ke Mall terasa sedikit kan, bahkan hanya bisa membeli beberapa barang saja. Yaa itulah uang, semakin kesini nilainya semakin berkurang, karena uang hanyalah selembar kertas yang diberi nominal dan kemudian dijadikan alat tukar dan alat pembayaran.

Misalkan kita mulai menabung tahun pada 2010 lalu, dan sekarang tahun 2019 mulai dibuka tabungannya. Asumsikan saja uang dalam tabungan tersebut sebesar 2 Milyar Rupiah. Jumlah uang tersebut sangat banyak bukan, namun nilainya berkurang. Sampai sini paham maksudnya.?

Tentunya sobat sudah paham maksud dari pernyataan diatas. Bukan tidak mungkin nantinya uang 100 ribu rupiah tidak ada nilainya kemudian Bank Indonesia menerbitkan pecahan uang baru senilai 1 juta rupiah. Apakah hal itu mungkin.? Hal tersebut bisa saja terjadi, tapi jika pecahannya terlalu besar nanti menyulitkan baik penggunaan di masyarakat maupun di kalangan industri.

Solusinya dengan redemonisasi mata uang, dimana akan terjadi penyederhanaan jumlah digit pada mata uang rupiah. Misalkan 1 juta jadi 100 ribu rupiah, mata uang pecahan 100 ribu rupiah menjadi 1000 rupiah dan mata uang pecahan 1000 rupiah menjadi 1 rupiah.

Nah masih menguntungkankah menabung uang dalam jangka panjang.? Menurut saya menabung uang saat ini dalam jangka waktu yang cukup lama kedepan kurang menguntungkan, alasannya seperti yang telah dijabarkan diatas. Namun pilihan terakhir kembali pada diri masing-masing. Min bagaimana dengan menabung emas.? Oke simak penjelasannya dibawah ini bro.


Menabung Emas

Siapa nih yang suka menabung emas.? Menabung emas juga menjadi pilihan favorit bagi mimin dibanding dengan menabung uang, tentunya ini didasarkan beberapa alasan mengapa saya sendiri sekarang lebih suka menabung emas daripada uang.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pada tahun 1946 dengan uang seribu saja kita bisa mendapatkan emas hampir 50kg emas. Hanya dengan uang seribu saja, kalo sekarang uang seribu bisa apa.? Kemudian jika kita mempunyai emas sebanyak 50 kg yang dulu dibeli seharga 1000 rupiah, sekarang menjadi berapa harganya.? Tentunya rupiah yang akan kita dapat sangat banyak sekali.

Nilai emas tidak terpengaruh inflasi, bahkan nilainya sama dan jika dijual kembali harganya tetap tinggi. Walaupun disimpan dalam waktu yang cukup lama, kualitas emas tidak akan turun dan tidak akan mengalami perubahan sama sekali.


Menabung emas juga memiliki tingkat resiko yang sangat kecil dan bahkan bisa dilakukan dengan dana yang terbatas sekalipun. Tidak harus mempunyai uang yang banyak untuk mulai menabung emas, saat ini banyak program yang menyediakan tabungan emas dan bisa diikuti oleh berbagai kalangan.

Menabung emas yang paling baik adalah menabung emas batangan bukan emas yang sudah dijadikan perhiasan, karena harga jual emas batangan cukup tinggi ketika kita mau menjualnya kembali. Terkadang emas batangan dengan tahun cetakan yang sudah lama, ketika dijual dihargai dengan harga yang lebih murah daripada harga jual pada umumnya, namun sebenarnya tahun cetakan emas tidak berpengaruh sekali pada harga penjualan emas yang terpenting adalah kualitas dan kemurnian emas itu sendiri.

Misalkan cetakan emas tahun 2010 dan cetakan emas tahun 2018 sebenarnya sama saja selama kualitas dan kemurnian emas itu tidak berkurang, jadi jangan terkecoh oleh para pedagang emas. Alasan lainnya mengapa saya saat ini senang menabung emas karena melihat kondisi rupiah yang terus menerus rontok dan nilainya semakin kecil.

Sebagai seorang muslim, saya juga mempercayai sebuah hadist Nabi Muhammad bahwa nantinya uang yang kita gunakan sekarang tidak ada nilainya sama sekali dan kita semua akan kembali menggunakan Dinar (emas) dan Dirham (perak) sebagai mata uang.

Ketika suatu negara mengalami inflasi, maka pemilik uang akan merasakan dampak yang nyata dari inflasi tersebut, namun sebaliknya orang yang memiliki banyak emas akan mendapatkan keuntungan karena cenderung harga emas akan meningkat secara drastis. Di tahun 2019 ini sangat cocok untuk memulai berinvestasi emas, karena nilainya yang stabil dibanding dengan uang kertas. Untuk memulai menabung emas dengan modal kecil mungkin akan saya jelaskan di artikel selanjutnya.


Penutup

Jadi lebih menguntungkan menabung uang atau menabung emas.? Menurut saya pribadi, saat ini menabung emas adalah hal yang paling menguntungkan untuk dijalani. Seharusnya bukan saat ini saja, dari dulu pun menabung emas memang cukup menguntungkan. Sedangkan menabung uang menurut saya cukup menguntungkan, karena walaupun jumlah uang yang terkumpul cukup banyak, namun setiap tahun nilainya cenderung berkurang.

Tentunya itu hanyalah pendapat saya pribadi yang melihat di berbagai sisi persoalan, keputusan akhir kembali pada diri sobat masing-masing. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan sobat bisa share artikel ini ke sosial media kalian atau jika sobat ingin mendapatkan update artikel terbaru dari blog ini, silahkan subscribe blog ini via email dengan cara memasukan email kalian pada kolom yang sudah tersedia di sebelah kanan jendela kerja kalian. Terimakasih sudah mengikuti dan membaca artikel sederhana ini dan jangan lupa baca juga Cara Memulai Investasi di Koinworks - Daftar, Deposit, dan Mulai Pendanaan