MASIGNASUKA101
1236281468114096930

Cara Menjadi Seorang Dropshipper yang Sukses

Cara Menjadi Seorang Dropshipper yang Sukses
Add Comments
Senin, 28 Januari 2019
Berbicara bisnis memang tidak ada matinya, setiap orang banyak yang tertarik menggeluti dunia bisnis namun ada saja alasan ketika ingin memulainya. Mulai dari tidak adanya modal, ada modal tapi bingung ingin usaha di bidang apa dan lain sebagainya Ada yang coba-coba berbisnis tapi ujung-ujungnya sukses, ada yang serius menggeluti bisnis tapi berakhir dengan kegagalan.

Kita tidak tahu besok kita akan gimana, namun apa yang kita lakukan hari ini dapat menentukan hidup kita di masa depan. Nah pada artikel kali ini, saya akan coba membahas bisnis yang sama sekali tidak memerlukan modal sedikitpun namun kita bisa menjalankan bisnis tersebut dan bahkan banyak orang yang sudah sukses menjalani bisnis ini.

Menjadi seorang dropshipper memang sangat disukai oleh orang yang ingin berbisnis namun tidak mempunyai modal sama sekali. Bahkan bagi orang yang cermat melihat kondisi pasar, hal ini dapat memberikan keuntungan yang besar baginya. Tentu tidak mudah menjadi seorang dropshipper, perlu usaha dan kerja keras untuk mencapai kesuksesan. Ada beberapa poin yang menurut mimin merupakan dasar menjadi seorang dropshipper yang sukses. Mau tau kelanjutannya.? simak artikel ini sampai selesai dan sobat bisa menambahkan ide-ide lainnya tentang dropshipper ini di kolom komentar.

cara menjadi seorang dropshipper yang sukses, cara menghasilkan uang dari internet secara cepat dan mudah, cara menjalani bisnis tanpa modal, cara membangun bisnis tanpa modal,
source gambar : pixabay

  • Tentukan Produk dan Target Pasar
Hal pertama dalam memulai untuk menjadi seorang dropshipper adalah kita harus menentukan produk yang akan kita jual kembali. Pilih beberapa produk, misalkan 2 atau 3 jenis produk seperti pakaian dan celana, atau tas dan sepatu. 

Hindari menjual segala macam produk karena nantinya kita akan dibuat bingung oleh hal tersebut. Fokuskan ke beberapa jenis produk tertentu supaya kita lebih bisa melihat potensi perkembangan pasarnya. Tentukan pula target pasarnya, misalkan kita menjual sepatu gunung dan perlengkapan hiking, maka target pasar kita adalah kalangan anak muda mulai dari usia 18 tahun keatas s/d usia 35 tahun atau 40.an.

Namun kebanyakan orang yang mendekati usia kepala 3 keatas sudah jarang hiking ke alam bebas. Itu hanya sekedar contoh saja. Kemudian tentukan target pasar lebih spesifik lagi, misalnya  produk yang dijual untuk perempuan atau hanya untuk laki-laki, atau bisa untuk keduanya. Tidak mungkin kan kita menjual sepatu wanita ke pria begitupun sebaliknya. Mungkin sobat sudah bisa menerawang apa maksud dari poin pertama ini dan sudah tergambar dengan jelas apa langkah yang harus diambil.

  • Cari Supplier Produk yang Berkualitas
Ketika kita sudah menentukan jenis produk dan target pasar, maka langkah selanjutnya kita tinggal mencari supplier produk yang akan kita jual kembali. Saat ini persaingan pasar sangat ketat sekali dalam jenis atau bidang apapun. Pasti orang-orang mencari barang dengan kualitas yang bagus namun harganya terjangkau. Namun banyak juga orang yang rela mengeluarkan dana cukup besar demi mendapatkan barang keinginannya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi.? Karena kualitas dari barang tersebut sudah sangat baik, sehingga orang-orang berani untuk membelinya meskipun harganya agak mahal.

Contoh kasus, sepatu Adidas yang asli berharga cukup mahal, bisa mencapai jutaan akan tetapi banyak orang yang membelinya dikarenakan kualitas dari sepatu tersebut sangat baik, poin kedua brand nya sudah besar dan dikenal oleh orang-orang. 

Untuk mencari supplier produk yang berkualitas tidaklah mudah, perlu adanya usaha dan juga harus membangun kepercayaan kepada calon supplier kita, hal ini untuk memudahkan kita dalam menjalankan bisnis dropship yang kita lakukan. 

  • Membuat Toko Online
Langkah selanjutnya adalah membuat toko online. Membuat toko online ini bisa menggunakan media sosial contohnya Line atau Instagram. Nah bagi sobat yang belum memiliki dana untuk membuat sebuah website, maka langkah pertama yang diambil adalah dengan membuat toko online lewat sosial media. Untuk lebih meyakinkan calon pelanggan kita, buat juga toko online mu di beberapa marketplace besar seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada dan lain sebagainya.


  • Iklan 
Jika kita sudah membuat toko online dan mengupload beberapa produk, maka langkah selanjutnya adalah mulai beriklan atau mempromosikan produk kita. Menurut mimin, iklan Instagram dan Facebook masih menjadi pemeran penting dalam mendongkrak penjualan produk kita. Namun perhatikan pula kualitas gambar atau video ketika kita akan mulai melakukan iklan.

Buatlah iklan produk kita semenarik mungkin namun tidak terlalu berlebihan. Gunakan budget dengan baik dan sesuaikan target pelanggan saat kita mulai beriklan. Jangan sampai kita terus menerus melakukan iklan namun tidak diimbangi dengan rencana yang matang, hasilnya nanti malah budget kita yang akan terkuras habis.

  • Konsisten 

Poin penting lainnya adalah kita harus konsisten melakukan hal tersebut. Konsisten dalam memberikan informasi mengenai produk terbaru, konsisten dalam promosi dan lain sebagainya. Kebanyakan orang bertahan paling lama 2 bulan menjalankan bisnis dropshipper ini, mengapa demikian.? Tentu saja penyebabnya adalah menjadi seorang dropshipper tidak seperti apa yang ia bayangkan. Ada yang baru berjalan satu minggu dan belum mendapatkan penjualan sudah menyerah, dan akhirnya semua rencana yang telah dibangun hilang begitu saja.


Mungkin itu sedikit poin mendasar bagaimana cara menjadi seorang drophsipper sukses. Tentunya ada cara-cara lain yang mungkin lebih baik dari cara-cara diatas dan sobat bisa bagikan pengalamannya dikolom komentar. Mimin bukan ahli dalam bidang bisnis, namun cara itu yang saat ini sedang ditekuni oleh salah satu rekan mimin dan hasilnya cukup lumayan.

Nah jika menurut sobat artikel ini bermanfaat, mimin harap sobat untuk membagikan artikel ini ke sosial media kalian dan jangan lupa untuk mengikuti atau subscribe blog ini agar blog ini dapatterus berkembang dan memberikan informasi terbaru dan bermanfaat bagi sobat semua.