MASIGNASUKA101
1236281468114096930

Cara Sukses Jualan di Instagram Tanpa Punya Produk

Cara Sukses Jualan di Instagram Tanpa Punya Produk
Add Comments
Kamis, 08 November 2018
Mempunyai produk sendiri kemudian menjual produk tersebut dan dari penjualan tersebut kita mendapatkan penghasilan memang menjadi keinginan setiap orang. Jadi seorang entrepeneur atau pebisnis memang selalu di inginkan oleh setiap manusia namun hal itu memang tidak mudah, terkadang ada saja hambatannya. Ingin memulai namun tidak mempunyai modal, sudah punya modal tapi bingung mau bisnis apa, pokoknya selalu ada saja hambatannya.

"Min saya terkadang iri dengan mereka yang sukses jualan secara online dengan memanfaatkan sosial media, dan terkadang dari situ saya ingin seperti mereka". Sebenarnya ada solusi untuk masalah tersebut, dan pada artikel kali ini saya akan mengangkat tema bagaimana caranya memulai usaha dari instagram tanpa punya produk sekalipun. Mengapa saya memilih instagram.? karena saat ini Insatgram menjadi salah satu sosial media yang paling populer di dunia dan semakin hari jumlah pengguna instagram semakin banyak. Bagaimana caranya min.? Perlukah mempunyai modal.? Tenang, apa yang akan kita lakukan itu tergolong mudah dan tanpa modal sedikitpun, namun perlu konsistensi dan perjuangan yang cukup keras. Penasaran bagaimana caranya.? simak artikel ini sampai tuntas.
source gambar : pixabay

Sebenarnya cara kerjanya seperti dropshipper, kita mencari barang orang lain kemudian kita jual barang tersebut dengan harga yang berbeda atau istilah lainnya bisa dikatakan sebagai perantara. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh kalangan anak muda untuk mencari penghasilan tambahan, bahkan ada yang menjadikan aktifitas ini menjadi penghasilan utama mereka. Ada beberapa poin agar kita mudah berjualan di instagram tanpa mempunyai produk sekalipun, diantaranya :

  • Cari Supplier Produk yang Terpercaya & Bangun Komunikasi dengan Baik
Sebelum memulai berjualan secara online di Instagram, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari supplier produk yang terpercaya. Lakukan pendekatan, kemudian utarakan maksud dan tujuan kita bahwa kita berminat untuk membantu menjualkan produk mereka secara online. Lebih enak lagi jika supplier tersebut satu kota sama kita maka kita bisa main ke tempat produksinya dan mengambil sendiri foto produknya langsung. Sudah tau kan, kebanyakan foto-foto produk yang di instagram itu bagus-bagus, maka dengan kita bisa ke tempat produksinya langsung, disitulah kita bisa membuat foto produk semenarik mungkin untuk menarik calon pelanggan.

Saya ambil contoh, misalkan kita menjual Tas hiking, kemudian saya mempunyai 2 foto produk Tas tersebut dengan latar belakang yang berbeda. Satu tas dengan latar belakang putih polos dan foto satu Tas lagi dengan latar belakang pemandangan sekitar pegunungan. Menurut kalian mana yang lebih menarik dari dua foto tersebut jika kita unggah ke instagram sebagai contoh model produk yang saya pasarkan.? sudah pasti foto tas dengan latar belakang pemandangan sekitar pegunungan yang lebih menarik dan hal itu bisa memacu minat calon pelanggan dibading dengan foto produk dengan latar belakang putih polos saja.

Baca Juga :
Vlogit - Video Editor Untuk Para Vloggers
Mau Berbisnis Tapi Ngga Punya Modal.? Bagaimana Caranya

Kelebihan lain jika kita sudah dekat dengan supplier tersebut, bukan tidak mungkin nantinya kita bisa memesan produk serupa dengan merk sendiri. Jika komunikasi dan kepercayaan sudah dibangun dengan baik, maka hal tersebut bisa tercapai. Jualan produk dengan merk sendiri tentunya akan lebih menyenangkan karena bagi seorang supplier tersebut bukan masalah besar, mereka tinggal merubah merk sesuai dengan keinginan kita bahkan soal desain pun bisa kita pesan sesuai dengan keinginan kita.

  • Mulai Jual dan Cari Nama Toko Online Kalian
Setelah kita mendapatkan supplier yang bisa diajak bekerja sama dengan kita, maka langkah selanjutnya adalah memasarkan produk tersebut. Pemberian nama toko juga berpengaruh bagi kelangsungan bisnis online kita. Dengan nama yang mudah diingat dan menarik maka hal ini akan memudahkan pembeli menemukan toko online kita. Karena instagram menggunakan media foto dan video, maka buat foto produk atau video produk semenarik mungkin supaya bisa menarik calon pelangggan lain. Berikan keterangan produk secara lengkap, dan usahakan caption yang kita cantumkan seolah-olah tidak menjual.

Untuk memperluas pemasaran produk, disarankan sobat menggunakan instagram ads atau beriklan di instagram. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, maka produk kita akan lebih diketahui oleh pengguna dengan target yang sesuai. Tentunya untuk melakukan promosi atau beriklan di instagram, kita harus mengeluarkan sedikit dana dari dompet kita. Dari beberapa cerita teman yang sudah beriklan di instagram, mereka mendapatkan peningkatan pembeli hampir 70% dalam sekali beriklan dan hasil tersebut mampu menutupi biaya promosi iklan di instagram. Jika sobat tidak mau menggunakan jasa iklan instagram, maka sobat bisa menggunakan jasa endorse dari akun-akun selebgram.

  • Berikan Pelayanan Maksimal
Hal yang menjadi poin penting lainnya adalah kita selaku penjual memberikan pelayanan yang maksimal terhadap calon pembeli atau pembeli sekalipun. Terkadang ada pula orang yang cuma bertanya tanpa membeli dan berbagai macam karakter dari calon pelanggan, hal ini harus disikapi dengan baik. Selalu jawab pertanyaan-pertanyaan dari calon pelanggan walaupun pertanyaan-pertanyaan tersebut agak melenceng dari topik. Cepat dalam hal pengiriman dan pengemasan barang yang baik tentunya juga menjadi poin penting yang harus selalu dilakukan dan dijaga oleh setiap online shop. Jangan terlalu banyak memposting foto produk, usahakan paling banyak 5 tau 6 kali dalam sehari, jika terlalu banyak memposting foto, maka hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan pengguna instagram yang lainnya.

  • Selalu Beri Reward / Giveaway
Terkadang seorang pembeli ingin lebih dari barang yang telah dibelinya, hal ini juga bisa dimanfaatkan oleh kita selaku online shop untuk menarik calon pelanggan baru. Beri sesuatu kepada calon pembeli misalnya, "Tag 10 teman kamu dalam postingan ini, 3 orang yang beruntung akan mendapatkan sepatu grati" maka dengan hal itu secara tidak langsung orang-orang mulai tag teman mereka ke akun online shop kita dan membuat akun online shop kita lebih dikenal lagi. Alangkah lebih baiknya beri giveaway atau hadiah 1 bulan 2 kali saja agar menghemat ongkos. Minta ke si pembeli untuk mengupload foto produk yan telah diterimanya dan beri keterangan serta sebutkan dimana ia membeli produk tersebut, ini hal sepele namun berarti bagi perkembangan online shop kita.
  • Konsisten 
Konsisten merupakan satu hal yang sangat penting. Dalam pengerjaanya memang dirasa sulit karena berbagai hambatan selalu menghalangi. Dengan konsistensi, maka akun online shop kita akan lebih berkembang dan dikenal oleh pengguna instagram. Bayangkan saja jika kita posting foto produk seminggu sekali, maka otomatis perkembangan akun online shop kita akan lambat berkembang, itulah gunanya konsistensi dan perlu diterapkan dalam kehidupan kita.

Mungkin itu sedikit gambaran bagaimana cara sukses jualan di instagram tanpa punya produk sekalipun. Poin utamanya adalah kita harus pintar mencari supplier barang yang berkualitas dan mau diajak bekerjasama dengan kita. Poin-poin diatas hanya sedikit gambaran saja, mungkin sobat mempunyai ide atau pandangan lain yang lebih baik dalam berbisnis secara online dengan media instagram. Jadi bagi sobat semua yang ingin berjualan namun tidak mempunyai produk, jangan berkecil hati karena saat ini banyak tersedia supplier-supplier barang, tinggal kita pintar-pintar memilih dan berkomunikasi. Oke cukup sekian, jika berkenan bantu mimin agar blog ini bisa tetap memberikan artikel-artikel yang bermanfaat dengan membagikan artikel yang ada di blog ini ke sosial media kalian, terimakasih.