MASIGNASUKA101
1236281468114096930

Apa itu Blockchain dan Bagaimana Perkembangannya.?

Apa itu Blockchain dan Bagaimana Perkembangannya.?
Add Comments
Sabtu, 17 November 2018
Blockchain.? Kata itu sering terdengar beberapa tahun ini karena melesatnya perkembangan dunia cryptocurrency. Mungkin bagi kita yang awam terhadap crypto tidak memperdulikan istilah-istilah yang terdapat dalam cryptocurrency dan yang terpikirkan oleh sobat termasuk saya pribadi bagaimana caranya bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari crypto. Tidak ada salahnya jika kita tidak mau mengenal istilah-istilah yang ada dalam crypto, namun alangkah baiknya kita harus sedikit memahami apa yang menjadi inti dari cryptocurrency.

Blockchain tidak bisa dipisahkan dengan koin-koin digital saat ini, karena blockchain merupakan inti dari koin-koin digital yang beredar saat ini. Kegunaan Blockchain sangat bermanfaat bagi perkembangan dunia internet, banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan dalam Blockchain. Lantas apakah Blockchain itu.? Bagaimana sejarah awal berdirinya atau ditemukannya Blockchain.? Sebelum itu, jika sobat ingin mendapat info atau artikel terbaru dari blog ini, silahkan ikuti blog ini dengan cara memasukan email di kolom "Follow by Email" untuk mendapatkan notifikasi terkait artikel terbaru di blog ini. Oke mari kita lanjut bahas Apa itu Blockchain.?

Apa Itu Blockchain.?

Blockchain adalah sebuah database yang terdistribusi dan transparan yang dapat mencatat transaksi antara dua pihak secara efisien dan dengan cara yang dapat di verifikasi secara permanen. Teknologi Blockchain memiliki 2 jenis record yang satu sama lainnya saling terhubung yaitu transaksi dan blok, dimana setiap transaksi yang terjadi akan dicatat dan disimpan bersamaan dalam satu blok serta di setiap blok ini berisi hash kriptografi sehingga membentuk sebuah jaringan.

Blockchain pertama kali di temukan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008 kemudian diimplementasikan satu tahun setelahnya yaitu pada tahun 2009 sebagai komponen inti dari Bitcoin. Bitcoin menggunakan teknologi Blockchain sebagai buku besar publik untuk seluruh transaksi dalam jaringan dan saat ini Bitcoin menjadi koin yang paling populer dan paling mahal dibanding mata uang digital lainnya.

source gambar : pixabay
Teknologi blockchain merupakan teknologi yang terdesentralisasi, dimana hal ini memungkinkan setiap komputer yang telah terinstall perangkat lunak memiliki salinan-salinan Blockchain yang terus diperbaharui dengan blok-blok baru. Dari segi keamanan, Teknologi Blockchain memiliki keamanan yang sangat baik karena sistem proteksi kriptografi yang canggih dan hal ini menawarkan pengalaman yang lebih aman bagi pengguna.

Dengan jaringan yang terdesentralisasi, memungkinkan transaksi keuangan maupun penyimpanan informasi penting dapat tersimpan dengan baik. Dalam sistem blockchain memungkinkan kita sebagai pengguna untuk menjaga privasi, namun hal ini yang sering disalah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga bagi sebagian orang ketika mendengar kata cryptocurrency maupun Blockchain selalu berpikiran negatif, namun hal itu bisa dihindari jika kita teliti sebelum terjun ke dunia cryptocurrency.

Seiring berjalannya waktu, Blockchain telah digunakan bukan hanya sebagai transaksi keuangan saja, saat ini teknologi Blockchain telah digunakan untuk beberapa sistem seperti smart contract, DApps, dan keperluan Industri. Saat ini teknologi Blockchain telah mengalami beberapa perubahan mulai dari Blockchain versi 1.0 sampai yang sekarang yaitu Blockchain 4.0, versi-versi tersebut akan dijelaskan secara singkat dibawah ini.

Perkembangan Blockchain 

  • Blockchain 1.0 

Bitcoin.? Tentunya semua orang tahu mengenai koin yang satu ini karena harganya yang sangat tinggi dan menjadi koin yang paling diminati oleh para pengguna crypto. Teknologi Blockchain yang pertama biasa digunakan sebagai mata uang dan transaksi keuangan digital, hal ini menjadi pelopor terciptanya Bitcoin.

  • Blockchain 2.0

Versi selanjutnya dari Blockhain yang pertama adalah Blockchain versi 2.0 dengan membawa konep baru yaitu Smart Contract atau kontrak pintar. Sebenarnya istilah dari nama Blockchain 2.0 adalah sebagai tanda untuk membedakan antara Bitcoin sebagai asset dan Blockchain sebagai infrastruktur terdistribusi yang dapat di program. Blockchain 2.0 memperluas ruang lingkup teknologi yang dibawanya untuk memungkinkan desentralisasi pasar secara umum dan juga transaksi yang akan melibatkan jenis asset lainnya. Ethereum adalah contoh nyata pertama kali hadirnya penerapan smart contract dalam sistem Blockchain.

  • Blockchain 3.0
Blockchain 3.0 betujuan untuk membuat segala sesuatu menjadi lebih terdesentralisasi sama halnya yang dilakukan Blockchain Bitcoin untuk mata uang. Muncul istilah Dapps (Decentralized Apllication) dimana Dapps ini bertujuan untuk menghubungkan pengguna dan dan penyedia secara langsung. Dapps tidak dapat dilayani dalam satu server pusat karena berdiri daalam blockchain Ethereum dimana jaringan ini bagaimanapun berbasis komunitas, tidak dikontrol oleh otoritas tunggal. Sebagai contoh, biasanya kita mendownload aplikasi baik untuk smartphone maupun PC kita dimana semua aplikasi tersebut datanya dari server mereka sendiri dan hanya memiliki satu otoritas tunggal sedangkan Dapps bekerja sebaliknya.
  • Blockchain 4.0
Blockchain 4.0 lebih berfokus agar blockchain mampu digunakan dunia bisnis terutama dunia industri. Nantinya, dalam dunia industri blockchain akan digunakan untuk mengatur segala aktifitas dalam dunia industri seperti transaksi keuangan, manajemen asset, manajemen data dan lain sebagainya dan itu dijalankan diatas teknologi Blockchain. 

Mungkin itu sedikit review mengenai teknologi Blockchain, jika ada kekurangan dan kesalahan informasi mohon untuk dikoreksi di kolom komentar, dan jangan lupa agar bagikan artikel sederhana ini ke sosial media kalian agar blog ini tetap bisa hidup dan bisa memberi artikel-artikel lainnya.