Home amartha / crowdo / investasi / investor / investree / koinworks / modalku / p2p lending / pinjaman / profit / uang

Masih muda tapi sudah terbebas dari beban finansial.? Mungkin itu yang sangat diinginkan oleh setiap orang terutama kalangan anak muda. Tentunya untuk mencapai hal tersebut diperlukan kerja keras karena untuk mencapai hal tersebut tidak mudah. Selagi masih muda, sebaiknya persiapkan bekal untuk masa depan dengan berinvestasi karena hal ini sangat bermanfaat nantinya. Kita bisa mulai berinvestasi dengan membeli sebidang tanah atau emas, karena dua hal ini harganya setiap tahun selalu naik.

Namun saat ini seiring dengan berkembangnya teknologi dan internet, terdapat pula sistem investasi secara online yang memberikan keuntungan cukup besar pertahunnya. Cara-cara seperti ini sudah banyak diterapkan di negara-negara lain dan disini hal ini masih belum cukup familiar. Ada banyak situs yang menyediakan platform investasi P2P lending, namun dalam artikel ini akan dibahas beberapa situs saja yang menurut pendapat mimin pribadi layak untuk diikuti. "Min apa sih P2P lending itu.? Bagaimana caranya.? aman ngga.?" Oke sebelum membahas situs-situs investasi P2P lending tersebut, alangkah lebih baik kita harus tahu terlebih dahulu apa itu P2P lending.?

source gambar : pixabay

Apa Itu P2P (Peer to Peer) Lending.?

P2P Lending adalah penyelenggara jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pinjaman dan penerima pinjaman yang dilakukan melalui sistem elektronik atau menggunakan jaringat internet atau secara online. Pada dasarnya sistem dari P2P lending sendiri hampir sama dengan marketplace, dimana marketplace mempertemukan pembeli dan penjual, namun P2P lending sendiri mempertemukan antara pemberi pinjaman maupun penerima pinjaman.

Investor atau pemberi pinjaman akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan suku bunga pinjaman kepada penerima pinjaman. Misalkan kita memberi pinjaman kepada calon A dengan jangka waktu cicilan selama 6 bulan, maka setiap bulannya kita akan mendapat keuntungan dari bunga tersebut. Mungkin itu sedikit penjelasan mengenai P2P lending, selanjutnya mari kita bahas situs-situs mana saja yang layak untuk dicoba.

Baca Juga :
Cara Memulai Suatu Bisnis
Apa itu Ripple.? Kumpulkan Sebanyak-banyaknya Mulai dari Sekarang

  • Koinworks
Koinworks merupakan salah satu situs investasi P2P Lending yang berasal dari Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2016 kemarin artinya Koinworks sudah 2 tahun beroperasi. Koinworks menyediakan platform investasi P2P lending dengan bunga efektif mulai dari 18% per tahun sampai dengan 38% per tahunnya sesuai tingkatan resiko pinjaman. Semakin tinggi bunga yang didapat, maka resiko juga akan lebih tinggi.

Tingkatan bunga berdasarkan resiko pinjaman
- A = 15% - 19%
- B = 19% - 24%
- C = 24% - 29%
- D = 29% - 34%
- E = 34% - 38%

Koinworks sudah terdaftar dan diawasi OJK dan untuk melindungi pemberi pinjaman, Koinworks sudah menyediakan dana proteksi untuk menghindari atau mengurangi dampak kerugian yang dialami oleh pemberi pinjaman berdasarkan tingkatan resiko diatas. Perhitungannya semakin tinggi resiko maka semakin kecil dana proteksi yang diberikan, begitupun sebaliknya. Setoran awal sebagai investor di Koinworks cukup kecil minimal 100.000 rupiah saja dan sobat bisa mulai berinvestasi disini.
  • Crowdo
Crowdo berdiri sejak tahun 2013 dan sudah beroperasi selama 5 tahun dengan lebih 38000 anggota dan lebih dari 3500 proyek telah sukses dijalankan. Crowdo hadir di beberapa negara Asia tenggara seperti Singapura, Malaysia dan pada tahun 2015 Crowdo mulai berekspansi ke Indonesia. Reputasi Crowdo tidak bisa diragukan lagi, Crowdo sendiri sudah terdaftar di Monetary Authority of Singapore, Securities Commision of Malaysia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Setoran awal untuk berinvestasi di Crowdo sebesar 1 juta rupiah dan besaran return investmen di Crowdo pertahunnya kurang lebih mencapai 21%, jumlah ini cukup besar dan menguntungkan bagi para investor.

Untuk meminimalkan kerugian bagi investor, Crowdo menggunakan teknologi AI (artificial Intellegence) yang dimana teknologi tersebut mampu memberikan peringkat terhadap perusahaan yang akan menarik pinjaman sehingga para investor dapat mengambil keputusan yang tepat terkait dengan investasi yang akan mereka lakukan.

Baca Juga :
Apa itu Blockchain dan Bagaimana Perkembangannya.?
Apa itu Maker (MKR) Coin.? Salah Satu Crypto yang Layak di Jadikan Asset

  • Investree

Bagi para investor yang akan berinvestasi di Investree akan mendapatkan investasi return kurang lebih sebesar 18% pertahunnya. Dana awal untuk investasi disini minimal 1 juta rupiah untuk pinjaman personal, sedangkan 5 juta rupiah untuk bisnis dengan kelipatan 1 juta. Di Investree terdapat sistem syariah bagi para investor yang menginginkan sistem syariah dalam hal proses pinjam meminjam.

Untuk meminimalkan kerugian bagi investor, tim Investree telah melakukan analisis, seleksi dan peretujuan berdasarkan sistem credit scoring yang modern terhadap pembiayaan yang diajukan. Investree juga telah terdaftar dan diawasi oleh Jasa Otoritas Keuangan (OJK) dan saat ini Investree sudah beroperasi selama 2 tahun dengan kurang lebih dari 500 peminjam dan 6000 pemberi pinjaman.

Ada pun tingkatan resiko investasi disini sesuai dengan kelasnya masing masing mulai dari tingkat yang paling aman yaitu kelas A++ sampai ke tingkat yang paling beresiko yaitu kelas C3. Semakin tinggi tingkat resiko maka semakin besar return yang didapat oleh investor dan semakin kecil tingkat resiko maka semakin kecil return yang didapat oleh investor.

  • Modalku

Modalku telah mencatatkan pengelolaan pendanaan mencapai Rp.3.09 triliun dalam skala regional. Suku bunga di Modalku berbeda-beda dalam setiap pinjaman karena hal ini ditentukan oleh berbagai faktor seperti kondisi pasar, pilihan pinjaman yang diberikan serta nominal pinjaman yang diberikan. Kisaran bunga yang ditampilkan berkisar antara 12%-14% bahkan bisa lebih besar tapi itu semua tergantung dari pilihan pemberi pinjaman. Untuk berinvestasi di Modalku, calon investor harus menyetorkan dana awal sebesar 10 juta rupiah dengan pendanaan untuk calon peminjam minimal sebesar 1 juta rupiah dan batas umur untuk memulai investasi disini adalah 21 tahun.

Modalku telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga legalitas dari Modalku tidak usah diragukan lagi. Untuk mengurangi dampak resiko bagi investor, tim Modalku telah menkaji kelayakan pinjaman terhadap UKM dan pemilik usaha untuk menjamin pengembalian dana oleh peminjam. Selain itu tim dari Modalku akan selalu memonitor secara ad-hoc dan mengingatkan peminjam supaya membayar tepat waktu. Bukan hanya itu saja, jika terjadi keterlambatan pengembalian dana oleh peminjam, maka Departement Collection dan pihak ketiga akan membantu proses pengumpulan dana dan siap mengusahakan pengembalian pinjaman.

  • Amartha
Amartha telah berdiri sejak tahun 2010 dan telah beroperasi selama 8 tahun sampai sekarang dengan total pinjaman yang telah disalurkan sebesar Rp. 656.54 milyar. Amartha sendiri telah didaftarkan dan diawasi oleh Jasa Otoritas Keuangan (OJK) sehingga legalitasnya tidak perlu diragukan lagi. Return dari Amartha sendiri berkisar antara 15% - 18% per 50 minggu dengan minimal investasi sebesar Rp. 3.000.000. Selama ini Amartha mencatatkan presentase gagal bayar hampir 0% sehingga selama ini dana para investor telah dikembalikan sepenuhnya oleh para peminjam.

Untuk menghindari atau mengurangi kerugian bagi investor, tim Amartha telah menerapkan sistem pembiayaan kelompok untuk menguatkan semangat gotong royong apabila terjadi kredit macet dan juga Amartha telah bekerja sama dengan Perusahaan Jaminan Kredit Jamkrindo dan Asuransi Jiwa untuk mitra untuk mengurangi resiko pendanaan.

Seberapa Besar Resiko Investasi P2P Lending.?

Dalam investasi di platform P2P Lending resiko hilangnya dana cukup besar, karena jika terjadi gagal bayar oleh peminjam, kita sebagai investor tidak ada asuransi dan perlindungan dari pihak penyedia P2P lending ini. Namun hal itu bisa diminimalisir oleh tim-tim penyedia platform tersebut dengan seleksi yang ketat terhadap calon peminjam bahkan ada dana proteksi di salah satu platform tersebut untuk melindungi investor.

Jika sobat memang tertarik mengikuti investasi P2P lending, alangkah lebih baiknya sebelum mulai mendanai lihat dulu profil singkat orang atau perusahaan yang akan kita danai dan lihat tingkatan level resikonya. Investasi ini cocok untuk diikuti oleh kalangan anak muda agar nantinya kita bisa mendaptakan dana lebih di masa yang akan datang akibat investasi yang kita lakukan.

Nah itulah beberapa platform atau situs P2P Lending yang patut dicoba oleh kalangan anak muda, sebeanrnya masih banyak paltform-platform serupa, namun 5 situs diatas merupakan situs atau platform terbaik menurut saya dan aman untuk diikuti. Jika ada kesalahan dan kekurangan informasi mohon untuk dikoreksi di kolom komentar dan bantu blog ini dengan membagikan artikel-artikel blog ini ke sosial media kalian. 


Baca juga :

3 komentar

  1. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  2. Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya ditipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal usaha dan hutang. Saya frustrasi saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

    Itu semua terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

    Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Ibu Grace atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)
    CEO Tel.: +1(407)792-5682
    WhatsApp: +1(407)792-5682
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

    BalasHapus
  3. Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya ditipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal usaha dan hutang. Saya frustrasi saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

    Itu semua terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

    Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Ibu Grace atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)
    CEO Tel.: +1(407)792-5682
    WhatsApp: +1(407)792-5682
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

    BalasHapus

to Top