Home bisnis / peluang bisnis / sukses / tips bisnis / wirausaha

Hallo bro, kita ketemu lagi nih hihihi. Semoga sobat semua tidak bosan dengan artikel yang saya sajikan dan semoga artikel-artikel yang saya post bisa bermanfaat bagi sobat semua. Oke kali ini masih dalam seputar bisnis, mengapa banyak pebisnis pemula yang gagal.? nah judul tersebut akan mimin ulas dalam artikel ini.

Banyak orang sukses dengan bisnisnya, namun banyak orang yang gagal pula dalam bisnisnya. Namun sebagian besar yang kita ketahui adalah kisah -kisah dari orang sukses yang beredar di internet. Pertanyaannya bagaimana mereka bisa sukses.? Semua itu adalah hasil kerja kerasnya, sehingga mencapai suatu titik cerah dalam bisnisnya. Min saya sudah berusaha tapi tak kunjung mendapat perubahan dalam bisnis yang saya jalani.?

Oke saya tanya balik, apakah kerja keras kalian sama dengan kerja keras mereka yang sudah sukses.? Sudah berapa kali kalian gagal dalam menjalankan bisnis.? Nah perlu diketahui, bahwa mereka yang sukses itu menglami suatu proses yang panjang dan melelahkan bukan hasil yang instan. Depresi dan stress selalu mengiringi setiap langkah dalam memulai usahanya, namun kegigihan dan semangat pantang menyerah yang membuat semua keadaan berbalik, sehingga sekarang mereka tinggal menikmati hasilnya.


Saya kasih contoh, Pendiri makanan cepat saji yang terkenal saat ini yaitu KFC, berkali-berkali bahkan sampai ratusan kali menawarkan produknya ke setiap rumah makan ataupun restoran, namun selalu ditolak. Para pemilik restoran dan rumah makan yang menolak mungkin berpikiran, apa istimewanya makanan ini, cuma ayam dicampur tepung pasti ngga bakalan laku kalau dijual direstorannya. Namun bisa kita lihat sekarang, rumah makan KFC sudah tersebar luas di hampir seluruh penjuru dunia.

Kebanyakan dari kita adalah baru sekali atau 2 kali mencoba sudah menyerah dan berpikir bahwa berbisnis itu bukan jalan hidupnya. Jangan pernah mudah menyerah begitu saja, saya ambil contoh, lihat deh bayi yang sudah mulai beranjak dewasa yang mulai belajar untuk berjalan. Apakah bayi tersebut bisa langsung tegak dan berjalan seperti orang dewasa pada umumnya.? Tentu tidak, bayi tersebut pasti berusaha untuk berdiri dahulu walaupun masih goyah, ketika mulai berdiri, maka akan mulai berjalan sedikit demi sedikit dan tentunya pasti akan jatuh karena belum bisa menyeimbangkan badan dan kekuatan kaki yang belum maksimal untuk menyangga berat badannya.

Namun lambat laun hal itu bisa dilalui dan bayi tersebut bisa berjalan seperti biasa bahkan lama kelamaan bisa berlari. Nah apa makna yang bisa diambil dari contoh diatas.? Poin pertama yaitu, usaha atau iktiar kita dalam membangun sebuah bisnis, jangan takut rugi dan gagal, jika gagal mulai lagi, nantinya sobat akan menemukan jalan yang terang. Poin kedua yakni kita harus merubah pola pikir kita. Jika sebelum memulai suatu bisnis kita sudah dipusingkan dengan rasa takut nantinya bisnis kita tidak berjalan, maka sudah dipastikan bisnis yang akan sobat bangun tidak akan berjalan.

Kemudian nikmati proses yang ada, sama seperti bayi tadi yang terus menerus mencoba sampai akhirnya bisa mencapai tujuannya. Jangan terlalu berharap ketika awal memulai bisnis, sobat mengharapkan keuntungan yang besar, karena itu akan membebani tujuan kalian sob dan menghambat perkembangan bisnis kalian.

Jadi poin yang pertama adalah ubah mindset atau pola pikir, yang kedua mempunyai keuletan dan mental baja, satu lagi yang menurut saya penting adalah adanya mentor atau pembimbing. Mentor disini bisa membanttu sobat dalam menjalankan bisnis, bisa teman, saudara, orangtua maupun anggota keluarga yang lainnya. Dengan adanya mentor ini, diharapkan mampu mengingatkan atau memberi semangat ketika kita dalam kondisi terpuruk. Tidak banyak para pelaku usaha yang gagal kemudian stress, nah perlunya mentor disini salah satunya adalah untuk membangun kembali semangat kita dan juga sebagai pemberi arahan dalam bisnis kita.

Jadi menurut saya banyak pebisnis pemula yang gagal karena tidak adanya semangat dan mudah menyerah serta pola pikir yang masih belum matang untuk terjun ke dunia bisnis. Sebenarnya ada banyak faktor, namun apa yang saya jelaskan disini adalah merupakan faktor dari kita sendiri. Setiap orang sudah diatur rezekinya dan tidak akan pernah tertukar. Iringi setiap usaha dengan doa dan ibadah, dan jika menemukan kesulitan yang amat berat dalam berbisnis, jangan takut, jangan pusing, karena masih ada tempat untuk bersujud dan mengadu.

Artikel yang saya sampaikan ini bukan untuk dimakan bulat-bulat, tapi semoga ini menjadi bahan acuan dan pembelajaran serta sebagai motivasi sobat semua dan juga saya sendiri yang saat ini sedang menjalankan bisnis kecil-kecilan. Ada pertanyaan atau sanggahan silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar, mari berdiskusi sama-sama.

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top