Home entrepeneur / modal bisnis / peluang usaha / sukses / tips bisnis / wirausaha

Halo-halo para jomblo semua wkwkwkwk. Artikel kali ini masih seputaran bisnis, dan ini adalah hal yang menjadi kendala utama bagi orang yang sangat ingin memulai suatu bisnis. Bahkan saya sendiri sering dibuat bingung dengan pemikiran seperti ini, namun jika kita terus memikirkan hal tersebut, maka rencana kita untuk membangun sebuah bisnis hanyalah impian belaka. Banyak yang bertanya ke mimin, bahwa mereka ingin berbisnis tapi tidak mempuyai modal dan meminta solusi atas hal tersebut.

Sebenarnya ane sendiri masih bingung, tapi intinya jika kita bingung dengan hal itu, maka kita sendiri yang harus merubah pemikiran kita. Ada beberapa cara sebenarnya untuk mengatasi hal tersebut yang menurut saya ini terbilang aman daripada kita memaksakan meminjam modal ke bank untuk menjalankan bisnis. Mau tau carannya.? Enak aja lo pengen gratisan, udah jomblo pengen gratis pula. "wah pelit lu min, udah mah pelit, jomblo juga."

Oke-oke deh sabar bro, tapi sebelum itu siapin dulu cemilan, jangan lupa kirim ke rumah mimin cemilannya yaa hihihi. Kembali ke topik pembicaraan, gini deh jika bro semua berniat membuka bisnis terus bingung karena tidak ada modal, kemudian kalo saya kasih modal, sobat sudah terbayangkan mau bisnis apa.? Terus kalo saya kasih modal, apakah sobat bisa menjalankan bisnis tersebut.?  Nah disini kita harus benar-benar sudah mempunyai rencana yang matang dengan target pasar yang jelas supaya nanti produk kita bisa bersaing di pasaran. Terus gimana dong min.? Mari simak lanjutannya dibawah.


  • Bekerja Pada Orang Lain

Dengan bekerja pada orang lain, kita akan mendpatkan upah setiap bulannya, hal ini bisa kita manfaatkan dengan menyisihkan sebagian dari hasil gaji kita untuk menyimpan modal demi bisnis yang akan kita bangun kelak. Nah sambil bekerja tersbut, pikirkan juga ide bisnis atau bisnis apa yang nantinya akan kita jalankan serta buat rencana yang matang supaya nantinya ketika modal sudah terkumpul, kita dengan mudah menjalankan bisnis yang telah direncanakan sebelumnya. Dan jangan lupa untuk terus belajar pada saat kita sedang bekerja, ambil ilmu-ilmu baru ketika kerja, jangan hanya kerja untuk mendapatkan upah saja, tapi kita harus belajar ilmu disana. Jika modal sudah cukup, ilmu yang didapat sudah cukup, maka sobat bisa langsung action untuk membangun bisnis sendiri.


  • Ajak Teman
Maksudnya gimana min.? Yups jika kita bingung dengan modal usaha, maka ajak teman-teman kalian untuk bersama-sama membangun sebuah bisnis. Hal ini dapat memudahkan kita dalam mengumpulkan modal, karena dengan adanya teman-teman yang sama ingin berbisnis dan satu tujuan dengan kita, maka kita bisa patungan untuk mengumpulkan modal bersama teman-teman yang sudah kita ajak. Namun memang ada sedikit kesulitan, karena tidak semua satu visi dengan kita ada juga teman yang ketika diajak berbisnis malah menolak dan lain sebagainya. Akan tetapi, jangan putus asa, jika salah satu teman kalian menolak, maka cari teman yang lain dan Insya Allah pasti kalian akan mendapatkannya. Bukan hanya teman, bisa ajak saudara atau keluarga atau malah bisa juga sama pacar atau istri.


  • Cari Bisnis yang Tanpa Modal
Langkah lain jika kita ingin berbisnis namun tidak mempunyai modal, adalah dengan mencar bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal sedikitpun. Misalnya jadi reseller atau dropshipper bisa sobat mulai dengan itu. Sudah banyak orang yang sukses dengan bisnis itu, bahkan hasil keuntungan yang didapat bisa untuk membuka sebuah usah baru. Pertama tentukan dulu barang apa yang akan kita jual, kemudian sobat bisa mencari barang tersebut di situs e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blanja.com dan lain sebagainya, kemudian sobat bisa jual barang tersebut di sosial media seperti Facebook, Instagram, Line dan lain-lain. Dengan jadi reseller atau dropshipper sobat tidak perlu memikirkan stock barang dan pengiriman jadi sobat bisa berfokus untuk menjual produk yangsobat tawarkan. 


  • Manfaatkan Lingkungan Sekitar
Dengan memanfaatkan lingkungan sekitar ternyata kita bisa juga berbisnis dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Bagaimana caranya min.? Misal di halaman depan rumah atau halaman belakang rumah sobat ada sedikit lahan, nah hal ini bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam kemudian hasil panen bisa dijual. "Ah hasilnya dikit min, lahannya juga kecil." Nah disini kita harus merubah mindset kita, pemikiran seorang pebisnis itu harus luas dan juga memiliki mental baja dalam dirinya. 

Bahkan berbisnis di bidang pertanian memang selalu dipandang sebelah mata oleh anak-anak muda jaman sekarang. Gini deh, walaupun lahan kecil, sobat bisa membuat media penanaman organik yang bisa ditempel di dinding halaman rumah, maka dengan itu media penanaman jadi lebih besar tentunya dan menghasilkan lebih banyak hasil panen tentunya.

Min dirumah saya tidak ada halaman, karena rumah saya masuk gang kecil.? hmmm mungkin solusinya ya kembali ke poin nomor 3 diatas, yakni menjadi seorang reseller atau dropshipper. Sebenarnya dengan memanfaatkan lingkungan sekitar bukan hanya dengan bercocok tanam saja, ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan, nah disinilah kita harus belajar berpikir kreatif, untuk saat ini yang terpikir oleh mimin hanya itu saja, mungkin sobat mempunyai ide-ide sendiri yang lebih baik tentunya.


Mungkin itu beberapa poin bagaimana mengatasi keinginan untuk berbisnis tapi tidak mempunyai modal. Banyak sekali diluaran sana yang sukses berbisnis tanpa modal sedikitpun, dan jika dituangkan dalam artikel ini, maka akan sangat panjang sekali dan melelahkan untuk dibaca. Banyak dari mereka yang hanya iseng memulai namun menjadi sebuah bisnis yang besar, banyak pula yang hanya modal nekat, dan banyak orang sukses diluaran sana yang memulai berbisnis tanpa rencana sedikitpun dan di luar nalar kita, namun seiring berjalannya waktu bisnis yang telah mereka bangun menuai hasil yang sangat baik. Intinya jangan lelah untuk terus berusaha, karena rezeki tidak akan pernah tertukar, selama kita bersungguh-sungguh dalam mencarinya dengan jalan yang benar. "Wihh tumben lu bijak min." hahaha kali-kali boleh lah, jangan bercanda mulu. Oke deh udahan dulu, silahkan bro tinggalin jejak di kolom komentar agar kita bisa berdiskusi bersama.


Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top