MASIGNASUKA101
1236281468114096930

Cara Memulai Suatu Bisnis

Cara Memulai Suatu Bisnis
Add Comments
Kamis, 27 September 2018
Siapa yang tidak ingin menjadi seorang pebisnis atau pengusaha?  Pastinya keinginan itu pasti ada di setiap pikiran kita. Namun seringkali kita bingung akan memulai bisnis seperti apa dan bingung karena tidak adanya modal untuk memulai bisnis tersebut. Hal lain yang sering menjadi hambatan yaitu kita takut akan tidak berjalannya bisnis yang akan kita lakukan.

Sudah pinjam modal ke bank, namun bisnis yang kita jalankan kurang di minati oleh pasar. Terkadang kita terlalu banyak berpikir sehingga rencana menjalankan suatu bisnis yang diinginkan tidak kunjung di realisasikan sehingga impian untuk menjadi pebisnis sukses hanya mimpi yang terukir di benak kita.

Di internet banyak artikel yang membahas memulai suatu bisnis, dan kali ini saya mencoba untuk mengulas cara memulai bisnis bagi sobat yang akan terjun ke dunia ini.  Artikel yang saya  muat ini semoga bisa dijadikan acuan dan alhamdulillah sudah dijalankan oleh sendiri walaupun hasilnya masih belum dengan apa yang diharapkan.


Cara Memulai Bisnis
  • Perbaiki Niat
Poin pertama untuk memulai suatu bisnis adalah niat kita untuk memulainya. Jika niat kita berbisnis agar kita mendapatkan keuntungan dan uang, maka bisa dipastikan hal itu akan menjadi penghambat bisnis kita. Perbaiki niat kita untuk berbisnis, jadikan ide bisnis kita sebagai ladang ibadah dan bisa bermanfaat bagi orang lain.
Niatkan dalam diri kita bahwa kita berbisnis untuk membantu orang lain, agar bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain dan sebagai ladang ibadah kita. Suatu perbuatan itu tergantung niatnya, dengan niat yang baik maka kebaikan akan menghampiri kita.
  •  Buat Rencana
Rencana yang matang memang akan berguna bagi kelangsungan bisnis kita. Dengan perencanaan yang matang kita akan lebih mudah menjalankan bisnis, namun jangan terlalu terlena rencana yang akan kita bangun. Kebanyakan orang terlalu banyak memikirkan rencana sehingga kita sendiri dibuat bingung oleh rencana kita sendiri sehingga kita tidak kunjung memulai suatu bisnis.
Target pasar dan Pandai melihat peluang termasuk ke dalam rencana sebelum memulai bisnis. Kenapa poin tersebut penting, karena nantinya produk yang akan kita jual akan lebih banyak diminati karena target pasarnya jelas dan peluangnya cukup besar.
  • Action
Yaa ini merupakan hal yang utama dalam menjalankan suatu bisnis. Ingat pepatah salah satu pebisnis sukses Indonesia yaitu Bob Sadino, yang mengatakan bahwa bisnis yang sukses itu adalah bisnis yang dimulai bukan direncanakan. Jika sudah matang dalam perencanaan, mulailah bangun bisnis kalian sob. Tenang aja bro, bangun bisnis itu mudah daripada bangun rumah tangga wkwkwk.
Sama juga kalau kalian suka sama doi, cepat action nyatakan perasaan kalau di lama-lama nanti ditikung sama orang lain dah. Woy min koq malah ngebahas jodoh sih.  Oke oke sabar bro, mari kita lanjut ke topik lagi 😁😁

Mau mulai tapi masih bingung? Sesuaikan dengan passion kalian bro, suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang sesuai dengan passionnya maka orang tersebut akan lebih rileks dalam menjalankan hal tersebut. Jadi pilihlah bisnis yang paling disukai atau diinginkan oleh kalian.
  • Jangan Takut Rugi
Nah disini bagi kalian yang ingin mulai membangun bisnis jangan takut rugi dalam financial, harus sudah siap gagal. Banyak yang jatuh beberapa kali dalam menjalankan bisnis, namun karena tidak menyerah maka semuanya malah berbalik menjadi suatu yang indah. Bisa dilihat banyak pebisnis seperti itu dan tidak banyak pula yang baru mencoba kemudian gagal malah tidak mau mencoba lagi untuk memulai bisnis. Kebanyakan juga orang yang tak kunjung menjalankan bisnisnya karena takut gagal dan malah impian untuk jadi seorang pebisnis sukses hanyalah impian belaka.
  •  Modal
Modal memang menjadi salah satu poin utama dalam menjalankan bisnis. Memang bagi pemilik modal lebih mudah dalam menjalankan bisnis, itu sebabnya banyak orang yang risau memikirkan modal bisnis pada bisnis yang akan mereka bangun. Namun menurut saya ini bukanlah hal utama, karena diluaran sana banyak pebisnis sukses yang memulai bisnisnya tanpa modal sedikitpun. Jika ingin mulai berbisnis tapi tidak mempunyai modal, maka sobat bisa mencoba untuk menjadi seorang reseller atau dropshipper. Dengan begitu sobat tidak perlu memikirkan stock barang dan pengiriman barang, dan tentunya tidak perlu memikirkan modal sedikitpun. Carilah supplier yang reputasinya bagus, karena hal itu akan memudahkan transaksi ketika terjadi penjualan, dalam poin ini sobat harus jeli melihat supplier yang bagus dan berkualitas.
  •  Belajar Dari Orang Lain
Maksud dari poin diatas adalah, kita sebagai calon pebisnis atau pebisnis baru harus terus mau belajar kondisi pasar maupun keunggulan produk orang lain. Tunjukan pula keunggulan produk kalian dan jangan dibuat-buat yaa. Misal jika kalian jual sepatu, maka tunjukan kualitas sepatu kalian mulai dari bahan, jahitan, desain dan harga yang kompetitif. Kebanyakan tentunya pelanggan mencari barang atau produk yang berkualitas namun harga yang masih pas di kantong.

Nah mungkin itu sedikit gambaran poin besarnya jika kita akan membangun suatu bisnis mulai dari nol. Sebenarnya ada banyak hal lain, cuma poin diatas adalah poin-poin penting yang menurut saya harus dilakukan sebelum memulai bisnis. Jalan yang paling utama adalah berikhtiar dan jangan pernah menyerah, jika kali ini gagal, cobalah untuk membangunnya lagi karena diluar sana sudah banyak yang sukses dengan jerih payahnya dan banyak pula yang gagal karena menyerah. Oke bro, gimana? Mimin tampan kan? Ehh salah maksudnya cukup jelas kan, jika ada pertanyaan silahkan kirim di komentar dan mari berdiskusi.