MASIGNASUKA101
1236281468114096930

Cara Membangun Sebuah Brand

Cara Membangun Sebuah Brand
Add Comments
Minggu, 30 September 2018
Mempunyai bisnis dengan brand kita sendiri.? tentunya itu adalah hal yang sangat diinginkan oleh para pebisnis, terutama orang yang baru akan memulai bisnisnya. Brand biasanya bisa diartikan dengan nama produk, logo, merek dagang dan sebagainya. Dengan brand yang baik, maka rasa kepercaayaan pelanggan akan baik pula terhadap produk yang kita jual, dan juga memberikan peningkatan penjualan tentunya.

Biasanya para pebisnis yang baru terjun akan sangat sulit memperkenalkan produk mereka dan kebanyakan orang lebih memilih produk yang sudah baik reputasinya dan memilih produk dari brand yang sudah lebih dulu terkenal. Nah kita selaku pebisnis baru harus berpikir bagaimana cara memperkenalkan brand kita supaya lebih dikenal oleh masyarakat. Ketika brand kita sudah dikenal dan diakui kualitasnya oleh masyarakat, pastinya banyak orang yang akan merekomendasikan produk kalian tanpa kalian harus melakukan promosi secara terus menerus.

Nah bagaimana caranya untuk memperkenalkan brand kita supaya cepat mendapat perhatian di masyarakat.? Oke saya akan mencoba mengulas sedikit tentang bagaimana cara untuk membangun sebuah brand, namun sebelum itu siapkan dulu secangkir kopi atau teh serta cemilan supaya bro semua dapat jodoh. Eh maksudnya biar santai baca artikelnya (maklum efek jomblo😓😓)




Cara Membangun Sebuah Brand
  • Perjelas Visi Brand Kita
Hal awal untuk membangun sebuah brand adalah jelasnya visi dari brand kita sendiri. Dengan jelasnya hal tersebut, semakin menambah kepercayaan diri kita untuk memperkenalkan brand yang kita buat kepada pasar. Dengan visi yang jelas, maka brand kita akan dirasa cukup baik dan berkelas dimata pelanggan.

Misal, jika sobat ingin membuka bisnis di bidang sepatu, kemudian sobat mempunyai visi untuk memberikan sepatu kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan maka dengan visi tersebut akan memudahkan target penjualan brand sobat. Siapa sih yang ngga mau punya sepatu berkualitas namun harganya terjangkau.? Pastinya para calon konsumen akan lebih memilih produk kalian dengan visi yang kalian tawarkan.
  • Logo 
Sebuah logo memang menjadi identitas sebuah produk. Dengan sebuah logo, maka akan menaikan pamor brand di pasar atau calon pelanggan. Buatlah logo dengan semenarik mungkin dan libatkan desainer untuk mempercantik logo brand kita kecuali jika sobat memiliki keahlian di bidang desain, maka hal itu bisa dihiraukan. Tuangkan visi brand kita terhadap logo yang akan kita buat dengan menarik, kreatif dan efektif serta penggunaan font dan warna yang baik, maka dengan cara ini brand kalian terlihat lebih professional.
  • Tentukan Target Pasar
Setelah menentukan visi yang jelas dan logo brand, selanjutnya tentukan target pasar. Kira-kira produk apa yang akan kita buat dan target pasarnya ke arah mana. Misal kita membuat pakaian, apakah kita akan menyasar pasar untuk pakaian anak kecil, remaja atau dewasa atau bisa juga untuk semua kalangan. Lanjut lagi ke hal yang lebih spesifik, misal kita sudah menentukan produk pakaian untuk dipasarkan di kalangan para remaja, nah selanjutnya tentukan pula dari kalangan remaja itu mau kita fokus ke pakaian laki-laki atau pakaian perempuan. Dengan target pasar yang lebih spesifik, maka brand kita akan lebih mudah tumbuh.
  • Manfaatkan Sosial Media
Langkah selanjutnya adalah dengan memperkenalkan brand kita di sosial media. Ajak para calon konsumen berkomunikasi dan jangan terlalu berfokus untuk terus melakukan promosi. Berikan visual yang baik dalam menyajikan konten yang akan di bagikan di media sosial serta perlunya konsistensi. Jika kita posting brand kita hanya sekali atau dua kali atau beberapa kali saja, maka perkembangan brand kita akan lambat. Lakukan secara kontinyu namun tidak berlebihan sehingga tidak mengganggu calon customer yang sedang menggunakan sosial media. Menurut saya hal yang paling baik memposting konten produk atau brand kita dalam sehari sebaiknya dilakukan 5 sampai 6 kali aja, serta pelayanan yang baik mulai dari menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan calon pelanggan secara cepat dan jelas.
  • Membuat Website
Dengan adanya website, maka brand kita terlihat lebih professional dan meyakinkan. Tentunya harus ada pihak yang dilibatkan dalam membuat website seperti orang yang ahli di bidangnya, hal ini bertujuan untuk menunjang tampilan dan desain website kita agar terlihat lebih menarik. Min bagaimana kalau kita belum mempunyai budget untuk membuat website.? Sebenarnya tidak apa-apa, pembuatan website bisa dilakukan ketika bisnis kita sudah berjalan, namun sebelum itu manfaatkan poin-poin diatas untuk menaikkan citra brand kalian agar lebih dikenal banyak orang. 

Mungkin itu sedikit poin bagaimana caranya membangun sebuah brand, jika sobat mempunyai ide lain yang lebih baik silahkan terapkan. Intinya apa yang disajikan dalam artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagi sobat yang hendak memulai bisnis. So, jangan lelah untuk terus berusaha mengejar cinta si doi. "ahh sa ae lu min" hhehehe maaf maksudnya jangan lelah untuk berusaha membangun dan mengembangkan brand kalian dan jangan pernah bosan untuk belajar. Mimin tau kalian ngga ada yang ngasih semangat, makanya mimin kasih semangat terus buat kalian wkwkwk.