Home gigi / karang gigi / kecantikan / kesehatan

Assalamu'alaikum bro.. Memiliki gigi bersih dan sehat merupakan faktor yang ingin dimiliki oleh setiap orang. Namun hal itu cukup sulit, mengingat masih banyak orang yang malas untuk menjaga kebersihan gigi mereka sendiri. Gigi yang kotor dapat menyebabkan berbagai gangguan, seperti bau mulut, sakit gigi dan menyebabkan karang gigi.

Bayangkan jika sobat memiliki karang gigi, tentunya ada perasaan tidak enak dan malu ketika berkomunikasi dengan orang lain. Karang gigi merupakan sisa kotoran atau plak yang mengeras pada gigi dan jika dibiarkan terlalu lama, maka plak tersebut akan menghitam dan semakin banyak. Masalah lain yang muncul adalah dapat terkena radang gusi dan ini sangat berbahaya sekali.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan atau mencegah karang gigi secara alami dan cepat. Jika sobat rutin melakukan aktifitas ini, maka sudah dipastikan, resiko terkena karang gigi akan berkurang. Lantas apa saja cara untuk menghilangkan karang gigi.? Simak terus artikel ini.

Cara Membersihkan Karang Gigi

  • Menggunakan Pasta Gigi Khusus dengan Flouride
Untuk menghilangkan karang gigi, sebaiknya gunakan pasta gigi khusus dengan flouride karena mampu mencegah plak yang berkembang di gigi kita. Bukan hanya itu saja, sobat bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, dan tartar kontrol karena kandungan tersebut di klaim mampu menghilangkan noda dan plak serta dapat merontokkan karang gigi.

  • Hindari Rokok
Zat yang terkandung dalam rokok selain menyebabkan penyakit berbahaya ternyata dapat membuat gigi kita kuning dan menyebabkan plak pada gigi. Setiap rokok yang kita hisap, akan membawa zat nikotin ke dalam mulut dan akan menempel pada gigi kita. Jika ingin menghilangkan karang gigi, mulailah berhenti merokok dari sekarang.

  • Menggunakan Baking Soda 
Penggunaan baking soda untuk merontokkan karang gigi dinilai cukup ampuh. Baking soda mampu merontokkan karang gigi yang sudah mengeras dan mampu memutihkan gigi dengan cepat. Cara pengggunaannya sangat mudah sekali, ambil 1 atau 2 sdm baking soda, kemudian beri sejumput garam dan aduk hingga merata. Kemudian ambil sikat gigi yang sudah dibasahi dan masukan ke adonan tersebut untuk dipakai sebagai pasta gigi. Gosok secara merata pada seluruh bagian gigi, lakukan selama 2 menit saja kemudian kumur sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya digunakan secara rutin setiap hari.

  • Mengkonsumsi Buah dan Sayur yang Kaya Vitamin C
Mengkonsumsi buah dan sayur sangat baik bagi tubuh kita. Namun ternyata, mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C mampu menangkal timbulnya karang gigi. Selain mampu mencegah karang gigi, mengkonsumsi buah dan sayur juga dapat merawat kesehataan mulut kita sehingga terhindar dari bau mulut.

  • Flossing
Flossing adalah teknik membersihkan gigi menggunakan benang. Benang yang digunakan adalah benang khusus bentuknya yang tipis mampu menjangkau sela-sela gigi sehingga dapat menjangkau plak yang tertinggal di sela-sela gigi. 

  • Menggunakan Mouthwash
Penggunaan mouthwash merupakan tambahan untuk melindungi gigi dari plak akibat sisa-sisa makanan. Berkumur dengan mouthwas dapat menjangkau seluruh area mulut sehingga kotoran atau plak akan ikut terangkat. Menggunakan mouthwas juga dapat membuat mulut lebih segar dan terhindar dari bau mulut.

Mungkin itu sedikit cara untuk menghilangkan karang gigi. Silahkan sobat pilih yang mana yang menurut soabat paling ampuh. Jika memang membandel daan sulit dihilangkan, sebaiknya konsultasikan ke dokter ahli dan bersihkan karang gigi dengan bantuan dokter.
Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial dan beritahu teman, kerabat, pasangan atau keluarga kalian.

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top