MASIGNASUKA101
1236281468114096930

Apa itu Bitcoin Gold dan Bagaimana Awal Mula Bitcoin Gold

Apa itu Bitcoin Gold dan Bagaimana Awal Mula Bitcoin Gold
Add Comments
Minggu, 14 Januari 2018
Assalamu'alaikum sobat, kali ini mimin akan membahas apa itu Bitcoin Gold (BTG) dan awal mula munculnya Bitcoin Gold ini. Dalam dunia cryptocurrency kita sering mendengar istilah Hardfork, lantas apa Hardfork itu.? Seperti dikutip pada blog bitcoin.co.id, hardfork adalah sebutan untuk peristiwa yang terjadi ketika tim pengembang suatu cryptocurrency setuju untuk mengaplikasikan fitur / perubahan baru ke sistem programming tersebut. Biasanya hal ini dimaksudkan untuk mengamankan jaringan cryptocurrency atau beradaptasi dengan jumlah pengguna coin yang semakin besar.

Nah biasanya ketika hardfork terjadi pada salah satu mata uang digital, maka akan muncul mata uang digital baru atau cryptocurrency baru. Contohnya Bitcoin,yang sudah beberapa kali mengalami hardfork sehingga muncul crypto baru. Kali ini saya akan coba mengulas crypto baru hasil dari hardfork Bitcoin yakni Bitcoin Gold.
source gambar : cnbc.com
Tepatnya pada 01 Agustus lalu, Bitcoin untuk pertama kalinya mengalami hardfork dengan ditandai terjadi pemisahan antara Bitcoin Classic dan muncul crypto baru yaitu Bitcoin Cash. Namun setelah itu terjadi, tidak lama berselang menyusul Bitcoin Cash yang mengalami pemisahan dan muncul crypto baru yaitu Bitcoin Gold. Bagaimana itu terjadi.? entahlah mimin juga bingung, mending lanjut baca yukk.

Apa itu Bitcoin Gold ?

Bitcoin Gold merupakan crypto baru yang terjadi akibat hardfork dari blockchain Bitcoin pada block 491.407 pada oktober 2017 kemarin. Para pengguna Bitcoin Gold dapat mulai menciptakan blok dengan algoritma proof of work baru dan ini yang menyebabkan blockchain Bitcoin mengalami pemecahan. Bitcoin Gold muncul untuk mendesain ulang desentralisasi penggunaan Bitcoin. 

Karena Bitcoin sudah sulit untuk di mining dan tidak mungkin untuk mengeluarkan budget yang rendah untuk menambang Bitcoin. Ini menjadi keuntungan bagi para penambang, pasalnya Bitcoin Gold mudah untuk di tambang dibanding Bitcoin yang semakin sulit.  Bitcoin Gold hadir dengan simbol mata uang BTG dengan maximal supply coin sebanyak 21 juta koin dan koin yang sudah beredar saat ini sebanyak 17.338.461 BTG


Hadirnya Bitcoin Gold membawa angin segar bagi para penambang yang memiliki budget yang minim, jadi ini merupakan kesempatan kita untuk mulai menambang Bitcoin Gold. Hampir semua pertambangan Bitcoin menggunakan sistem pertambangan SHA 256 yang itu semua hampir dimiliki oleh para perusahaan besar dengan menggunakan alat ASIC Miner yang super canggih. Nah kita mah cuma modal gratisan aja untuk nambang Bitcoin, karena untuk membuat sebuah alat mining diperlukan dana yang cukup besar. 

Nah untuk Bitcoin Gold ini kita masih bisa menambangnya dengan bugdet yang kecil, karena Bitcoin Gold menggunakan algoritma Equihash menggantikan SHA-256 yang digunakan oleh Bitcoin. Sebenarnya algortima ini bukan pertama kali digunakan , sebelumnya sudah ada crypto lainnya yang menggunakan metode algoritma Equihash yaitu Zcash. Dengan mengadopsi algoritma ini membuat para penambang Bitcoin lebih terdistribusi dengan baik dan inilah tujuan dari diciptakannya Bitcoin Gold. Jadi jangan lewatkan kesempatan ini. Ayo kumpulkan dan mulai menambang Bitcoin Gold mulai dari sekarang, karena untuk menambang Bitcoin Gold (BTG) bisa menggunakan spesifikasi GPU yang rendah jadi tunggu apalagi.

Mungkin itu sedikit review mengenai Bitcoin Gold, jika ada kesalahan informasi dan kekurangan informasi mohon untuk dikoreksi dikolom komentar. Bantu blog ini dengan menyebarkan artikel-artikel di blog ini ke media sosial kalian ya sobat.