MASIGNASUKA101
1236281468114096930

GIMP, Software Editor Foto Gratis Kualitas Manis

GIMP, Software Editor Foto Gratis Kualitas Manis
Add Comments
Minggu, 26 November 2017
Assalamu'alaikum bro, Oke ketemu lagi sama mimin nih. Kali ini mimin akan bahas salah satu software editing foto yang bagus dan cocok dijadikan pilihan kedua setelah Adobe Photoshop.
Para editor foto kebanyakan pasti memilih Adobe Photoshop sebagai sarana penunjang untuk editing, namun ada salah satu software yang mirip dengan Adobe Photoshop yaitu GIMP. Aplikasi ini hadir secara gratis dan memiliki fitur yang cukup mumpuni sebagai pesaing dari Adobe Photoshop.

Kebanyakan orang pasti bingung menggunakan aplikasi ini, namun jangan khawatir, saat ini sudah banyak tutorial yang menjelaskan bagaimana cara kerja atau cara mengoperasikan aplikasi yang satu ini baik berupa video, artikel atau buku yang sudah beredar dan bisa di dapatkan di toko-toko buku di sekitaran kota kalian. Min saya baru denger tuh GIMP.? Emang apa sih kelebihan aplikasi ini.? MAri kita simak review singkatnya dibawah.

Apa itu GIMP ?

Diambil dari laman wikipedia, GIMP adalah perangkat lunak untuk mengolah grafik berbasis raster, yang pada awal kemunculannya hanya untuk desktop X11 yang berjalan di platform Unix. Akan tetapi saat ini perangkat lunak ini sudah diporting ke beberapa sistem operasi seperti Windows dan Mac. Fitur yang dibawa oleh GIMP seolah-olah menggantikan peran Adobe Photoshop sebagai perangkat lunak pengolah gambar. Hal yang menjadi keinginan kebanyakan para pengguna adalah software gratis dengan kualitas bagus, ini hanya ada pada GIMP. Tampilan User Friendly layaknya Adobe Photoshop membuat para pengguna yang baru beralih ke GIMP merasa nyaman dan tentunya mudah digunakan. Walaupun begitu, para editor pro kebanyakan memilih Adobe Photoshop sebagai pilihan utamanya, karena memang fitur GIMP belum bisa bersaing dengan Adobe Photoshop. Tapi tidak menutup kemungkinan beberapa tahun yang akan datang GIMP bisa menjadi software edit foto yang baik layaknya Adobe Photoshop.

GIMP bisa digunakan di berbagai macam sistem operasi, seperti Windows, Linux dan juga OS X dan semua itu tersedia secara gratis tanpa ada biaya sedikitpun. Bahkan saat ini para professional editor sudah mulai mengalihkan platform mereka untuk mencoba fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi yang satu ini. Persaingan Adobe dan GIMP semakin menarik, bukan hanya dari segi olah foto saja, aplikasi pengolah gambar dan desainer juga hadir secara gratis untuk menyaingi adobe. Namun saat ini banyak yang mengatakan bahwa Adobe masih menjadi raja dalam hal software editing.


Pada awal kemunculannya, Adobe Photoshop juga jauh dari kata sempurna, namun seiringn berjalannya waktu Adobe Photoshop menjadi software edit foto yang paling banyak digunakan, hal itu bisa terjadi juga pada GIMP setelah nantinya mendapat update dan beberapa peningkatan fitur yang lainnya. Menurut mimin sih jika kalian yang hobi edit foto untuk keperluan skala kecil GIMP menjadi pilihan utama, selain fiturnya cukup lengkap juga tentunya gratis. Namun jika dipakai untuk keperluan bisnis mimin sarankan untuk saat ini menggunakan Adobe Photoshop. Semua itu tergantung kalian para master di bidang editing foto enaknya pakai yang mana, kalo mimin sih enak pake GIMP karena gratis dan ngga perlu yang namanya crack/keygen/patch. Penasaran sama GIMP, silahkan download dengan mengunjungi situs resmi dari gimp, bisa sobat  cari di mbah google atau klik disini www.gimp.org